KASIHILAH SEORANG AKAN YANG LAIN

Penulis : Anang Kristianto
Editor : Ervinna Graceful

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

YOHANES 15:15-17

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Mengapa Yesus menyebut murid-muridNya sebagai  sahabat?
  2. Apa yang dibertahukan Yesus kepada sahabat-sahabatNya?
  3. Apakah ketetapan Yesus untuk murid-muridNya?
  4. Apa yang menjadi perintahNya?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, mengasihi seorang akan yang lain memang tidak dapat dipaksakan namun Yesus memerintahkan muridNya untuk mengasihi.

Kita tahu bahwa yang disebut perintah artinya sesuatu permintaan yang tidak dapat ditawar dan harus dilaksanakan.

Perintah ini tentu membuat kita kembali memikirkan ulang bahwa mengasihi seoarang akan yang lain bukanlah suatu anjuran atau kebebasan yang dapat dipilih namun berdasarkan ayat yang kita baca hari mengasihi adalah suatu perintah.

Yesus tidak pernah salah dalam memberi perintah kepada muridNya, artinya bila kita mengaku sebagai murid-muridNya maka kita pasti dapat mengasihi seorang akan yang lain.

Kita seringkali lebih mudah mengasihi kepada orang yang telah mengasihi atau berbuat baik kepada kita, namun tidak mudah bagi kita untuk bisa mengasihi orang-orang yang tidak kita kenal dan bahkan lebih susah mengasihi orang-orang yang bersalah kepada kita.

Sesungguhnya perintahNyalah yang memberi kuasa kepada kita untuk mampu mengasihi bahkan yang kita sebut musuh-musuh kita.

Kuasa FirmanNya tidak hanya dapat menyembuhkan yang sakit, membebaskan yang terbelenggu dan memberikan kelepasan bagi yang terikat tetapi firmanNya juga memampukan kita untuk mengasihi seorang akan yang lain.

Kasih manusia memang terbatas, namun kasih Yesus yang ada dalam hidup kita tidak terbatas, kasih itulah yang Yesus perintahkan untuk diberikan seperti yang dikehendakiNya.

Bagaimana kondisi saudara saat ini?

Apakah kasih Yesus senantiasa terus menyala dan tersedia untuk dibagikan kepada banyak orang di sekitar kita?

Ataukah kita punya berbagai masalah sehingga kasih itu menjadi padam?

Berdoalah untuk suatu hal yang berharga yang Tuhan percayakan kepada kita yaitu kasih Yesus itu tetap ada didalam hidup saudara.

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan? diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.