BANGSA-BANGSA BERDUYUN KE RUMAH TUHAN

Penulis : Pramadya Wisnu
Editor : Ervinna Graceful

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

MIKHA 4:1-4

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah yang dimaksud dengan gunung rumah Tuhan?
  2. Apakah yang dimaksud dengan pengajaran keluar dari Sion?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Kitab Mikha ditulis oleh nabi Mikha, salah seorang “nabi-nabi kecil” yang menulis kitab dalam Perjanjian Lama.

Ada 12 nabi kecil yang menulis Kitab, yang dalam Alkitab LAI dimulai dari Kitab Hosea, Yoel, Amos, Obaja, Yunus, Mikha, …. dan diakhiri oleh Kitab Maleakhi.

Tiga pasal pertama dalam Kitab Mikha berisi nubuatan tentang penghukuman, sedang pasal 4 dan 5 berisi tentang nubutan pengharapan: nubuat tentang janji pemulihan atas Israel, nubuat tentang kemuliaan Gereja yang akan datang.

Bagaimana Gunung Rumah Tuhan akan berdiri tegak, menjulang sehingga bangsa-bangsa akan berduyun-duyun ke sana.

Ya nubuatan ini akan terjadi di masa yang akan datang, penafsir Alkitab ada yang mengatakan bahwa nubuat ini akan tergenapi pada pemerintahan Kristus untuk masa seribu tahun kelak.

Lalu bagaimana dengan relevansinya dengan kehidupan saat ini.

Di masa dimana perang masih berkecamuk, sakit penyakit yang dipicu oleh virus telah mengakibatkan pandemi selama hampir tiga tahun terakhir ini.

Maka nubuatan Mikha tentang masa depan kemuliaan dan kedamaian bumi di bawah pemerintahan Kristus adalah hal yang menguatkan kita.

Pemenang akhir dari peperangan akhir zaman ini adalah Kristus.

Kristus sebagai Kepala dan Gereja sebagai Tubuh-Nya.

Gereja yang dimaksud adalah Tubuh Kristus atau kumpulan umat percaya, yaitu keluarga Allah yang dibangun di atas landasan batu yang hidup yaitu Yesus Kristus.

Mikha menubuatkan bagaimana bangsa-bangsa akan datang ke rumah Tuhan.

Artinya akan banyak orang, yang tadinya belum percaya, menjadi orang percaya, yang kemudian datang ke rumah Tuhan.

Ya akan ada kumpulan besar orang banyak yang tidak dapat terhitung banyaknya, dari segala bangsa dan suku dan kaum dan bahasa, yang akan datang ke Rumah Tuhan.

Jadi hal relevan yang dapat kita lakukan di masa kini adalah memberitakan kabar baik bagi orang-orang yang saat ini belum percaya.

Karena nubuat itu pasti terjadi, bagaimana orang-orang yang saat ini belum percaya, sebagian dari mereka akan menjadi percaya.

Roma 10:14  Tetapi bagaimana mereka dapat berseru kepada-Nya, jika mereka tidak percaya kepada Dia? Bagaimana mereka dapat percaya kepada Dia, jika mereka tidak mendengar tentang Dia. Bagaimana mereka mendengar tentang Dia, jika tidak ada yang memberitakan-Nya?

Saudara, dalam kelompok pemuridan diskusikan tentang apa yang dapat kita kontribusikan dalam penggenapan nubuat Nabi Mikha ini.