DI MANA ADA ROH ALLAH DI SITU ADA KEMERDEKAAN

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong
Editor : Ervinna Graceful

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

II KORINTUS 3:15-18

Bacalah Firman Tuhan diatas dan diulangi beberapa kali sampai Saudara dapat memahaminya dan secara khusus hafalkanlah II Korintus 3:17!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah yang terjadi bagi setiap orang ketika hati mereka berbalik kepada Tuhan?
  2. Siapakah yang mengerjakannya?
  3. Selain dimerdekakan oleh Roh Allah, apakah yang akan dialami oleh orang-orang yang hatinya berbalik kepada Tuhan?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Tuhan berjanji kepada bangsa Israel bahwa Dia akan mencurahkan Roh-Nya untuk membersihkan bangsa Israel dari setiap kenajisan dan dari semua penyembahan berhala yang mereka lakukan, sehingga mereka memiliki hati yang baru dan roh yang baru karena Roh Allah diberikan kepada batin mereka.

Mereka bahkan memiliki hati yang lembut dan tulus sehingga bangsa Israel dapat hidup menurut ketetapan Tuhan, berpegang pada peraturan-peraturan Tuhan serta dapat melakukan seluruh peraturan-peraturan Tuhan.

Hal tersebut digenapi ketika Roh Kudus dicurahkan ke dalam dunia sehingga pengalaman tersebut dapat dialami oleh setiap orang yang percaya kepada Yesus.

Jawab Petrus kepada mereka: “Bertobatlah dan hendaklah kamu masing – masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima Karunia Roh Kudus. Sebab bagi kamulah janji itu dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh Tuhan Allah kita.” (Kisah Para Rasul 2:38-39).

Roh Kudus yang dicurahkan bagi manusia berperan untuk mengangkat setiap selubung yang menutupi pribadi kita untuk dapat melihat kemuliaan Tuhan, di antaranya dosa dan kenajisan, pikiran yang sia-sia yang bertentangan dengan pikiran Tuhan, pikiran yang gelap juga perasaan yang tumpul yang membuat tidak dapat bersekutu dengan Tuhan sehingga setiap orang yang percaya kepada-Nya mengalami kemerdekaan oleh kuasa Roh Kudus.

Namun tujuan yang benar yang Tuhan inginkan bagi manusia adalah agar semua orang percaya kepada Yesus dapat mengalami keserupaan dengan Yesus di mana karena dosa maka manusia mengalami hilangnya kemuliaan Yesus, tetapi dengan bekerjanya kuasa Roh Kudus maka manusia mengalami kemerdekaan dari dosa dan mengalami keserupaan dengan Yesus.

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana pengalaman saudara dimerdekakan oleh Roh Kudus dan dibawa kepada keserupaan dengan Kristus!