DIPANGGIL, DIBENARKAN, DAN DIMULIAKAN-NYA

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong
Editor : Ervinna Graceful

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

ROMA 8:25-30

Bacalah Firman Tuhan diatas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahaminya dan secara khusus hafalkanlah Roma 8:30!

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Siapakah yang menolong kita dalam kelemahan-kelemahan kita untuk berdoa dan apakah isi doa dari Roh Kudus melalui kita?
  2. Menurut saudara apakah tujuan dari Roh Kudus menolong kita untuk berdoa?
  3. Apakah rencana Allah bagi orang-orang kudusNya?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Tuhan sedang membangkitkan umat-Nya yaitu gereja-Nya untuk menyelesaikan pekerjaan-Nya di muka bumi.

“Tongkat kekuatanmu akan diulurkan Tuhan dari Sion: memerintahlah diatas musuhmu! Pada hari tentaramu bangsamu merelakan diri untuk maju dengan berhiaskan kekudusan; dari kandungan fajar tampil bagimu keremajaanmu seperti embun.” (Mazmur 110:2-3).

Itulah sebabnya Tuhan memilih kita untuk mewujudkannya dengan cara memanggil dan memilih kita dari antara suku-suku bangsa melalui Kristus Yesus.

“Sebab didalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat dihadapan-Nya. Dalam kasih Ia telah menentukan kita dari semula oleh Yesus Kristus untuk menjadi anak-anak-Nya, sesuai dengan kerelaan kehendak-Nya,” (Efesus 1:4-5).

Gereja yang dimaksudkan oleh Tuhan adalah gereja yang memiliki pikiran dan perasaan Kristus serta memiliki tujuan dan hati dari Yesus.

Itulah sebabnya, Roh Kudus memiliki peranan penting dalam hidup kita agar menolong kita serta membawa kita untuk mengalami keserupaan dengan Yesus, sehingga digenapilah Roma 8:29 : “Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu menjadi yang sulung diantara banyak saudara.”

Oleh sebab itu, kita harus meresponi panggilan Tuhan dengan menaklukkan keinginan dan tujuan hidup kita kepada Dia sehingga kita bukan saja masuk dalam panggilan-Nya tetapi juga menjadi orang-orang yang dipilih oleh Dia untuk masuk lebih dalam pada rencana-Nya yang pada akhirnya akan dimuliakan oleh Tuhan.

“Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya.” (Roma 8:30).

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana proses panggilan, dibenarkan, dimuliakan oleh Tuhan dapat saudara alami dengan penuh kemenangan!