DOA YANG SEPAKAT

Penulis : Pdt. Robinson Saragih
Editor : Ervinna Graceful

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

MATIUS 18:18-20

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang terjadi kalau sekelompok orang bersepakat mengikat apapun?
  2. Bagaimana kalau sekelompok orang percaya melepaskan sesuatu di bumi, apa yang YESUS janjikan?
  3. Apa yang terjadi jika sekelompok orang bersepakat di bumi ini?
  4. Apakah kehadiran Tuhan ditentukan oleh adanya dua atau tiga orang percaya di bumi ini?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, sering sekali kita mendengar para WL= worship leader di gereja berkata, jika dua atau tiga orang maka Tuhan hadir di tengah-tengah kita, kita sudah lebih dari tiga maka Dia sudah hadir di tengah-tengah kita, serempak jemaat mengatakan dan berteriak : ”AMIN!“

Saudara, kehadiran Allah di Gereja tidak ditentukan oleh dua atau tiga orang yang berkumpul, karena Gereja adalah rumah-Nya dan TUHAN adalah TUAN RUMAH, bukan UNDANGAN, JUGA TUHAN Adalah MAHA HADIR.

MAZMUR  137:7-10 “Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari dari hadapanMu? Jika aku mendaki ke langit? Engkau ada di sana; jika aku menaruh tempat tidurku di dunia orang mati, di situ pun Engkau. Jika aku terbang dengan sayap Fajar, dan membuat kediaman di ujung laut, juga di sana tangan-Mu akan menuntun aku, dan tangan kanan-Mu memegang aku.”

ALLAH Maha hadir, dan Allah tidak dibatasi oleh RUANG dan WAKTU.

Jadi kehadiran Allah tidak ditentukan oleh berapa orang yang berkumpul, namun memang ada pernyataan bahwa Allah HADIR diatas puji-pujian UMAT-NYA.

MAZMUR  22:4 “Padahal Engkaulah Yang Kudus yang bersemayam di atas puji-pujian orang Israel.”

Ketika Orang Israel sedang memuji Tuhan, maka sering kehadiran Tuhan dapat dirasakan oleh orang Israel dan hal itu membuat mereka menjadi lebih bersemangat dalam peperangan melawan musuh mereka.

Dan pada masa Perjanjian Lama, hanya orang-orang tertentu saja yang kadang-kadang di diami Roh Kudus, misalnya Para nabi Tuhan.

Dia akan dihinggapi Roh Kudus, maka dia kepenuhan dan lalu bernubuat, mengajar, atau kegiatan apapun  oleh karena Tuhan menyatakan diri-Nya, pada masa itu Roh Kudus belum dicurahkan atas banyak manusia.

Tapi saat ini setiap orang percaya yang sudah lahir baru di diami oleh Roh Kudus, sehingga tidak perlu dua orang berkumpul maka Tuhan hadir, karena kehadiran Tuhan, ada pada setiap orang percaya.

Jadi dua tiga orang berkumpul, itu merupakan syarat untuk BERSEPAKAT.

Bersepakat untuk apa?

MATIUS 18:18-20 Aku berkata kepadamu : “Sesungguhnya apa yang kamu ikat di dunia ini akan terikat di surga dan apa yang kamu lepaskan di dunia akan terlepas di surga. Dan lagi Aku berkata kepadamu : Jika dua orang dari padamu di dunia ini sepakat meminta apapun juga, permintaan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa-Ku yang di surga. Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka.”

Ketika dua orang bersaudara mereka sepakat meminta supaya ayah dan ibu mereka percaya, maka kesepakatan mereka itu akan dikabulkan oleh Bapa di surga, dengan keyakinan bahwa Allah akan menyelamatkan ayah ibu mereka, maka ketika mereka melayani orang tua mereka dengan baik, dan mereka benar-benar sehati sepikir dan rela bersama-sama melakukan apa yang terbaik bagi keluarga mereka, maka ayah dan ibu mereka akan diselamatkan oleh TUHAN YESUS, dengan membuat ayah, ibu mereka percaya kepada YESUS.

Apa yang disebut SEPAKAT?

Sepakat adalah suatu sikap di mana dua atau tiga bahkan lebih orang-orang yang merindukan atau menginginkan, sesuatu,  maka mereka mengusahakan kerinduan itu musti terjadi.

Bagaimana supaya terjadi kesepakatan?

Kesepakatan akan terjadi kalau seseorang atau lebih dari dua orang mau dengan rela membukakan maksudnya dan mereka bersama-sama saling mengerti, saling, rela dan juga bersama supaya keinginan dari saudaranya bisa terjadi.  

Dan banyak kesaksian bagaimana kesepakatan ini dijawab oleh Bapa di surga.

Ada banyak doa-doa orang kudus Tuhan yang dinaikkan dalam kesepakatan, maka Tuhan Allah menjawab doa mereka itu, sesuai dengan apa yang YESUS JANJIKAN.

HALELUYA, PUJI TUHAN, AMEN!

Mengapa ada teman-teman tidak bersedia bersepakat dalam doanya?