BERTEKUN DENGAN SEHATI DALAM DOA BERSAMA

Penulis : Pdt. Robinson Saragih
Editor : Ervinna Graceful

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

KISAH PARA RASUL 1:12-15

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Para rasul itu, kembali ke mana setelah mereka melihat YESUS naik ke surga?
  2. Berapa banyak orang yang sedang berkumpul itu?
  3. Apa yang mereka sedang lakukan dalam kumpulan itu?
  4. Apa hasil doa mereka yang sedang berkumpul itu?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, dalam keadaan gembira para rasul itu berkumpul bersama, mereka ada beberapa wanita dan saudara mereka yang baru berkumpul bersama mereka, Maria ibu Yesus, Maria Magdalena, Salome,  ibu Yakobus dan Yohanes, juga Yakobus, Yoses, Yudas dan Simon, juga saudara perempuanNya anak-anak Maria yang semuanya mereka baru percaya.

Keluarga Yesus yang lain, yaitu saudara-saudara sekandung Yesus yaitu anak-anak Maria dan Yusuf, mereka meragukan bahwa kakak kandung mereka adalah MESIAS. Keluarga Yesus belum bisa percaya bahwa YESUS ADALAH MESIAS yang dijanjikan. Mereka baru percaya ketika YESUS berkunjung ke rumahNya di GALILEA sesuai janji-Nya kepada murid-muridNya : bahwa setelah kebangkitanNya di hari ketiga akan mendahului mereka ke GALILEA, dan ketika itulah mereka PERCAYA BAHWA YESUS adalah MESIAS = KRISTUS, setelah KEBANGKITAN YESUS dari kematianNya maka semua seisi rumahNya percaya benar bahwa YESUS adalah KRISTUS.

Ketika mereka berkumpul mereka bersehati berdoa sesuai dengan apa yang YESUS katakan bahwa mereka tidak boleh pergi dari YERUSALEM sebelum mereka diperlengkapi oleh KUASA yang dari BAPA yaitu ROH KUDUS. Ketika mereka berdoa maka TUHAN ALLAH mengingatkan PETRUS suatu nas Kitab Suci bahwa :

KISAH PARA RASUL 1:16-26 “Hai saudara-saudara, haruslah genap nas Kitab Suci, yang disampaikan Roh Kudus dengan perantaraan Daud tentang Yudas, pemimpin orang-orang yang menangkap Yesus itu. Dahulu ia termasuk bilangan kami dan mengambil bagian di dalam pelayanan ini. Yudas ini telah membeli sebidang tanah dengan upah kejahatannya lalu ia jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah keluar. Hal itu diketahui oleh semua penduduk Yerusalem, sehingga tanah itu mereka sebut dalam Bahasa mereka sendiri “HAKAL-DAMA”. Sebab ada tertulis dalam kitab Mazmur : Biarlah perkemahannya menjadi sunyi, dan biarlah tidak ada penghuni di dalamnya dan biarlah jabatannya diambil orang lain. Jadi harus ditambahkan kepada kami seorang dari MEREKA yang SENANTIASA DATANG BERKUMPUL DENGAN KAMI SELAMA TUHAN YESUS bersama-sama kami, yaitu mulai dari baptisan YOHANES sampai hari YESUS terangkat ke surga meninggalkan kami, untuk menjadi SAKSI dengan kami tentang KEBANGKITAN-NYA.

Lalu mereka mengusulkan dua orang; Yusuf yang disebut BARNABAS dan yang juga bernama YUSTUS, dan MATIAS. Mereka semua berdoa dan berkata : ”Ya Tuhan Engkaulah yang mengenal hati semua orang, tunjukkanlah kiranya siapa yang Engkau pilih dari kedua orang ini. Lalu mereka membuang undi bagi kedua orang itu dan yang kena undi adalah MATIAS dan dengan demikian ia ditambahkan bilangan kesebelas rasul itu.”

Saudara, mengapa harus digantikan? Sudah Yesus katakan bahwa murid-muridNya para rasul itu akan DUDUK BERSAMA KRISTUS menghakimi semua suka Israel dan memimpin KERAJAAN ALLAH bersama KRISTUS dan jumlahnya adalah, dua belas karena JUDAS telah berkhianat maka musti dipilih penggantinya, inilah hasil doa yang mereka bersama tekun berdoa, supaya terjadi pemulihan  dalam JUMLAH PARA RASUL=MURID YESUS yang akan memerintah bersama YESUS. Pemulihan itu terjadi sebelum peristiwa PENCURAHAN ROH KUDUS. Yang terjadi pada hari PENTAKOSTA, di mana disebutkan hari lahirnya GEREJA TUHAN dan resminya KERAJAAN ALLAH di muka bumi ini. HALELUYA, PUJI TUHAN. AMEN.

Mengapa banyak saudara yang sudah berdoa lama belum juga dikabulkan oleh Tuhan?