BUMI PENUH DENGAN PENGENALAN AKAN TUHAN

Penulis : Pdt. Robinson Saragih
Editor : Ervinna Graceful

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

YESAYA 11:6-9

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Srigala akan tinggal bersama domba, dan macan tutul berbaring di samping kambing, mungkinkah ini bisa terjadi, mengapa?
  2. Lembu dan beruang akan sama-sama makan rumput dan anak-anaknya akan sama-sama berbaring, ini akan terjadi di mana dan kapan?
  3. Anak yang menyusu bermain-main dekat liang ular tedung, dan anak cerai susu akan mengulurkan tangannya ke sarang ular beludak, mengerikan, namun akan terjadi, benarkah demikian, apa sebabnya?
  4. Tidak ada yang akan berbuat jahat atau berlaku busuk, di mana dan kapan itu terjadi?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, dari ayat-ayat firman Tuhan dan perikopnya kita telah di beritahu, bahwa akan terjadi pada masa RAJA DAMAI MEMERINTAH DI DUNIA, maka nubuatan Firman yang di sampaikan oleh YESAYA ini akan terjadi, siapa RAJA DAMAI ini?

YESAYA 9:5-6 Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada atas bahunya, dan Namanya disebutkan orang Penasihat Ajaib, Allah Yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai. Besar kuasanya, dan damai sejahtera tidak akan berkesudahan di atas takhta Daud dan di dalam kerajaannya, karena ia mendasarkan dan mengokohkannya dengan keadilan dan kebenaran dari sekarang sampai selama-lamanya. Kecemburuan Tuhan semesta alam akan melakukan hal ini.”

Raja damai itu adalah YESUS KRISTUS, FIRMAN ALLAH = BAPA YANG KEKAL, setelah GEREJA oleh PENYERTAAN ROH KUDUS melakukan RENCANA dan KEHENDAK ALLAH yang telah diucapkanNya berulang kali melalui nabi-nabiNya.

MAZMUR 110:1 Demikianlah firman TUHAN kepada Tuanku : “Duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai Kubuat musuh-musuhmu menjadi tumpuan kakimu.”

Suatu NUBUATAN yang telah disebutkan oleh nabi Daud, dan YESUS juga di sebut sebagai Anak Daud.

Dan sebagai Anak Dud, dia adalah penerus generasi Raja-raja Israel dari keturunan YEHUDA, YESUS juga disebut sebagai SINGA dari YEHUDA.

YESUSlah yang disebut Raja Damai, DIA adalah JURU DAMAI yang mendamaikan antara MANUSIA dengan BAPANYA, TUHAN ALLAH YANG MAHA KUASA.

Setelah kenaikkan-Nya ke surga, maka lahirlah GEREJA  yaitu UMAT PILIHANNYA, mereka disebut sebagai IMAMAT RAJANI, yang melaksanakan pekerjaan BAPA dan yang akan menyelesaikan PEKERJAAN BAPA di dunia ini.

MATIUS 24:14 ”Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya”

TUGAS dan RENCANA BAPA, adalah membuat semua musuh-musuh RAJA DAMAI menjadi tumpuan kaki-Nya.

Bagaimana itu terlaksana?

Ketika ROH KUDUS, dijadikan KEPALA, atau PEMIMPIN dalam kehidupan seseorang dan DIA dijadikan KEPALA GEREJA, maka Roh Allah itu akan memimpin semua orang yang TELAH MENYERAHKAN HIDUPNYA untuk dipimpin oleh Roh Kudus, akan MEMBERITAKAN INJIL KERAJAAN yaitu INJIL KASIH KARUNIA.

Ketika KABAR BAIK itu tersebar ke seluruh dunia maka akan banyak orang yang akan BERTOBAT dan MENERIMA YESUS sebagai JURU SELAMAT dan TUHAN bagi hidup mereka, dan ketika KUASA DOSA dan SENGAT MAUT DIPATAHKAN maka KEMENANGAN RAJA DAMAI itu terjadi, rasul Paulus jelas mengatakan itu dalam :

I KORINTUS 15:55-57 ”Hai maut di manakah kemenanganmu? Hai maut, di manakah sengatmu? Sengat maut ialah DOSA dan kuasa DOSA ialah HUKUM TAURAT. Tetapi syukur kepada Allah, yang telah memberikan kepada kita kemenangan oleh YESUS KRISTUS, Tuhan kita.”

Haleluya saudara-saudara, setiap orang percaya yang mengalami kelahiran kembali diberi KUASA dan KEMENANGAN oleh YESUS KRISTUS.

YESUS sebagai RAJA DAMAI telah mendamaikan kita dengan ALLAH BAPANYA, karena kita PERCAYA KEPADA YESUS KRISTUS yaitu Firman yang menjadi manusia.

YOHANES 3:16-17 “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga IA telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.”

Saudara, Gereja adalah kumpulan dari  MURID-MURID KRISTUS, yang menjadi PENERUS dan PELAKSANA MISI YESUS KRISTUS dan MISI ALLAH, BAPANYA.

Saudara, mari kita menyadari tugas kita, gereja bukan dibentuk untuk MENGHUKUM DUNIA, tapi ditugaskan untuk MENYELAMATKAN manusia berdosa, supaya mereka terlepas dari pengaruh DOSA.

TUGAS kita adalah menjadi SAKSI KRISTUS, kita memberitakan INJIL yaitu KABAR BAIK, INJIL KERAJAAN ALLAH = INJIL KASIH KARUNIA.

EFESUS 2:8-9 “Sebab kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman, itu bukan hasil usahamu itu pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu, jangan ada orang yang memegahkan diri.”

Nah ketika, berita ini menjadikan seluruh dunia berduyun-duyun datang pada Yesus dan INJIL KERAJAAN telah didengar semua orang maka YESUS AKAN DATANG UNTUK MENYATAKAN KEMULIAANNYA.

Dia akan menyelesaikan dunia ini, zaman kasih karunia selesai maka akan terjadi apa yang dikatakan oleh rasul Paulus.

FILIPI 2:9-11 ”Itulah sebabnya Allah sangat sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama. Supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah akan mengaku : ”Yesus Kristus adalah Tuhan.” Bagi kemuliaan Allah Bapa.”

Ketika Yesus datang kembali dalam kemuliaan-Nya pengakuan orang tidak lagi menyelamatkan mereka karena mereka sudah melihat bahwa DIAlah RAJA DAMAI, BAPA YANG KEKAL itu, YESUS adalah ALLAH yang kekal itu, PENGAKUAN sudah tidak lagi berlaku, karena pada waktu itu sudah bukan lagi IMAN yang bekerja karena sudah terlihat bahwa YESUS adalah ALLAH.

Akan banyak orang ketakutan dan menginginkan KEMATIAN karena, mereka SANGAT KECEWA, dan sangat MENYESAL, TERNYATA YESUS ADALAH TUHAN.

Saudara, ketika YESUS datang sebagai RAJA, maka pada waktu itulah SEMUA MUSUH-MUSUH RAJA DAMAI itu menjadi tumpuan KAKINYA.

Dan ketika itulah apa yang diNUBUATKAN YESAYA, terjadi, sesuatu yang INDAH semua akan terjadi di YERUSALEM BARU.

GUNUNG TUHAN YANG KUDUS.

HALELUYA, PUJI TUHAN, AMEN.

Apa yang Tuhan maksudkan dengan musuh-musuhmu yang akan dijadikan tumpuan kaki bagi KRISTUS?