ROH TUHAN DAN BERKAT ATAS KETURUNANMU

Penulis : Pdt. Robinson Saragih
Editor : Ervinna Graceful

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

YESAYA 44:3-5

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Siapa yang ingin mencurahkan air ke tanah yang haus?
  2. Siapa yang berjanji akan mencurahkan Roh-Nya dan berkat-Nya atas anak cucu Israel?
  3. Siapa yang akan menyatakan bahwa dirinya adalah milik TUHAN?
  4. Siapa yang akan menato dirinya dengan kata-kata MILIK TUHAN?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, dari ayat-ayat di atas ini kita melihat bahwa Tuhan itu sangat setia pada janji yang telah DIA ucapkan.

Kita sudah mengetahui bahwa perilaku Israel sangat tidak setia, sejak lama mereka merasakan KEBAIKAN TUHAN, namun mereka sangat tidak baik terhadap Tuhan, bahkan mereka menghianati perjanjian-perjanjian moyang mereka.

Seolah-olah bahwa Israel itu suatu bangsa yang tidak mengenal Tuhan, mereka dengan enak dan gampang MENYEMBAH BERHALA di hadapan TUHAN yang MAHA KUDUS betapa sakitnya hati YEHOVA terhadap umat piihan-Nya itu, namun DIA tetap SABAR dan kemudian balik lagi mengasihi bangsa yang tegar tengkuk itu.

Dari bagian Firman ini kita mengetahui bagaimana KEBAIKAN dan KESETIAAN-NYA, sehingga DIA MASIH MENJANJIKAN sesuatu yang MANIS bagi keturunan Israel.

Dan janji ini DIA tepati dan menjadikan BANGSA ISRAEL megah kembali, demikian berulang kali, sampai suatu saat DIA BENAR-BENAR MURKA terhadap Bangsa itu, sehingga DIA MEMBIARKAN Israel TERBELAH MENJADI DUA KERAJAAN yaitu Israel UTARA atau SAMARIA, dan Israel Selatan YEHUDA atau YUDEA.

KEMARAHANNYA berlanjut sampai SAMARIA dibuang ke  SYRIA dan YEHUDA ke BABEL.

Tapi YAHWE itu menjanjikan lagi suatu masa depan yag penuh HARAPAN bagi UMATNYA.

YEHEZKIEL 36:25-27 Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu, dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu Aku akan mentahirkan kamu. Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturanKu dan melakukannya dan kamu akan diam di dalam negeri yang telah Kuberikan kepadamu nenek moyangmu dan kamu akan menjadi umat-Ku dan Aku akan menjadi Allahmu.

TUHAN YAHWE itu begitu setianya, setelah orang-orang dari pembuangan dari BABEL, TUHAN mengembalikan mereka ke TANAH ISRAEL lagi dan suatu kali KESETIAAN ALLAH itu MENYATAKAN KESETIAAN-NYA dengan mengutus YESUS KRISTUS SEBAGAI AIR JERNIH untuk menyucikan Bangsa itu, namun mereka tidak sadar bahwa TUHAN SEDANG MELAKUKAN puncak kebaikannya bagi dunia, namun Bangsa Israel tidak menyadari LAWATAN ALLAH bagi Bangsa itu.

Israel melawan kehadiran YESUS KRISTUS.

Yesus menyatakan hal itu dalam LUKAS 13:34 Yerusalem, Yerusalem, engkau yang membunuh nabi-nabi dan melempari dengan batu orang-orang yang diutus kepadamu! Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anakmu di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau.”

Penolakan bangsa Israel menyebabkan YESUS MATI, dikuburkan dan pada hari yang ketiga bangkit dari antara orang mati.

PENYALIBAN YESUS menjadi berkat bagi dunia tetapi menjadi kutuk bagi ISRAEL.

MATIUS 27:25 Dan seluruh rakyat itu menjawab : ”Biarlah darah-Nya ditanggungkan atas kami dan anak-anak kami!”

Pada tahun tujuh puluh Masehi, seorang Jenderal Romawi menghancurkan kota YERUSALEM, dan nubuatan YESUS mengenai dua batu tidak ada yang bertindih di seluruh kota Yeruslem, karena kota itu dihancurkan dan sejak tahun tujuh puluh itu BANGSA ISRAEL seperti dihapuskan dari bumi ini dan bangsa itu BERDIASPORA ke seluruh bumi.

Saudara, maka lahirlah suatu doktrin THEOLOGY yaitu PEPLACEMENT THEOLOGY, atau dikenal sebagai teori yang menyatakan bahwa ISRAEL digantikan GEREJA sebagai UMAT PILIHAN.

Namun TUHAN, ALLAH BAPA yang MAHA BAIK dan SETIA itu selalu bertindak oleh KASIH dan KESABARANNYA.

SETELAH TUHAN YESUS naik ke surga, maka pemberitaan INJIL dilangsungkan oleh murid- murid YESUS, yaitu PARA RASUL orang-orang ISRAEL PILIHAN YESUS, kemudian YESUS juga memilih seorang RASUL, yaitu PAULUS, seorang ISRAEL PILIHAN, DARI SEMUANYA INI kita melihat KEBAIKAN dan KESETIAN TUHAN pada JAJINYA, bagi ABRAHAM dan DAUD orang-orang yang diperkenanNya.

Lewat rasulNya itu TUHAN YAHWE tetap menyatakan bahwa DIA ADALAH TUHAN, ALLAH yang SETIA.

ROMA 11:20-23 Baiklah! Mereka dipatahkan karena ketidak percayaan mereka, dan kamu tegak tercacak karena iman. Janganlah kamu sombong, tetapi takutlah. Sebab kalau Allah tidak menyayangkan cabang-cabang asli, IA juga tidak akan menyayangkan kamu. Sebab itu perhatikanlah kemurahanNya dan juga kekerasanNya, yaitu kekerasan atas orang-orang yang telah jatuh, tetapi atas kamu kemurahanNya, yaitu jika kau tetap dalam kemurahan-Nya; jika tidak, kamu pun akan dipotong juga. Tetapi merekapun akan dicangkokan kembali, jika mereka tidak tetap dalam ketidak percayaan mereka, sebab Allah berkuasa untuk mencangkokkan mereka kembali.”

ROMA 11:25-27 Sebab, saudara-saudara, supaya kamu jangan menganggap dirimu pandai, aku mau agar kamu mengetahui rahasia ini : Sebagian dari Israel telah menjadi tegar sampai jumlah yang penuh dari bangsa-bangsa lain telah masuk. Dengan jalan demikian seluruh Israel akan diselamatkan, seperti ada tertulis : Dari Sion akan datang Penebus, Ia akan menyingkirkan segala kefasikan dari Yakub. Dan inilah perjanjian-Ku dengan mereka, Aku menghapus dosa mereka.

Saudara, jadi kita lihat bahwa TUHAN, ALLAH BAPA itu adalah ALLAH yang BAIK dan sangat SETIA.

Kita lihat bagaimana KEBAIKAN dan KESETIAAN-NYA DIA USAHAKAN dan PERAGAKAN.

Jadi benar bahwa JANJINYA berlaku bagi ANAK-CUCU orang PILIHANNYA.

Dan DIA tidak pernah menyesalkan PILIHANNYA.

PADA TAHUN SERIBU SEMBILAN RATUS EMPAT PULUH DELAPAN (1948) Republik Israel berdiri sampai hari ini, lalu bagaimana dengan REPLACEMENT THEOLOGY?  

Oleh karena itu marilah kita agar kita TINGGAL tetap di dalam  KRISTUS, agar kesetiaan-Nya juga berlaku bagi keturunan kita.

HALELUYA, PUJI TUHAN. AMEN!

Apa yang menyebabkan berkat itu tidak turun pada anak-cucu kita?