DIURAPI UNTUK MEMPERLIHATKAN KEAGUNGANNYA

Penulis : Anang Kristianto
Editor : Ervinna Graceful

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

YESAYA 61:1-4

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang terjadi dengan seseorang yang diurapi sesuai dengan perikop yang kita baca hari ini?
  2. Apakah tugas yang diberikan bagi seseorang yang telah diurapi?
  3. Apakah yang akan dibangun oleh orang-orang yang diuirapi?
  4. Apakah yang akan dibaharui oleh orang-orang yang diurapi?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Pengurapan yang diberikan Tuhan kepada kita sebagai hambaNya selalu disertai tugas untuk dilaksanakan sesuai proses yang dikehendakiNya.

Ketika Daud diurapi menjadi raja maka ada tugas baru yang diemban oleh Daud sejak pengurapan itu diberikan.

Sekalipun pada saat itu Daud tidak langsung menjadi raja namun kita melihat bagaimana Tuhan mengijinkan suatu proses terjadi pada kehidupan Daud.

Setelah diurapi kita membaca bahwa kehidupannya tidak lagi senyaman waktu menjadi penjaga domba ayahnya, ada banyak pergumulan yang harus dihadapi bahkan sampai dikejar oleh raja Saul yang ingin membunuhnya pada saat itu.

Melalui berbagai proses yang tidak mudah ini tentu Daud mengandalkan pengurapan dan penyertaan Tuhan, sehingga pada akhirnya dia dapat menajdi raja atas bangsa Israel dan memanifestasikan keagungan Tuhan dalam kerajaannya.

Saudara, kita telah diurapi oleh Roh Kudus untuk menjadikan segala bangsa muridNya dalam Kerajaan Allah, sudah pasti kita akan melalui proses dan hambatan yang tidak mudah.

Tidak sedikit anak-anak Tuhan menyerah dalam proses yang Tuhan ijinkan, entah itu pergumulan karena kesalahan sendiri atau pergumulan karena Tuhan ijinkan terjadi untuk membentuk karakter anak-anakNya.

Pengurapan Tuhan bukanlah semacam obat yang membuat hidup kita menjadi tenang dan nyaman, pengurapan Tuhan selalu disertai tugas dan tentu membuat kita harus mengatur hidup kita untuk mengikuti proses yang Tuhan ijinkan.  

Kita tahu bahwa kekuatan kita berasal dari RohNya yang senantiasa menolong dan memampukan kita, kita percaya bahwa RohNya menjadi jaminan bahwa semua janjiNya dapat digenapi dalam kehidupan kita.

Jadi marilah kita tetap maju dan jangan putus asa dengan kondisi-kondisi apapun saat ini yang saudara alami, Tuhan telah mengurapi saudara dan Dia turut bekerja dalam segala sesuatu untuk membentuk kita dan mempersiapkan kita menggenapi tugas yang diberikan kepada kita.

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan?

Diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.