KARUNIA ROH KUDUS BAGI BANGSA-BANGSA

Penulis : Anang Kristianto
Editor : Ervinna Graceful

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

KISAH PARA RASUL 10:44-46

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang terjadi setelah Petrus memberitakan janji Tuhan?
  2. Bagaimana respon orang-orang Yahudi yang menyertai Petrus melihat hal tersebut?
  3. Apakah yang dikatakan oleh orang-orang yang mengalami pencurahan Roh Kudus tersebut?
  4. Apakah karunia Roh Kudus didapat oleh bangsa-bangsa lain juga?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Sekalipun pada masa Perjanjian Lama RohNya hanya tinggal pada nabi-nabi bangsa Israel yang memang khusus dipilih oleh Tuhan, namun kita bisa membaca bagaimana kuasa dan otoritas Tuhan dinyatakan.

Bangsa-bangsa lain pada masa itu yang masih menyembah berhala-berhala atau dewa-dewa yang tidak mereka kenal melihat kedahsyatan Tuhan yang disembah olelh bangsa Israel.

Ketika pengintai Israel memasuki Yerikho mereka mendengar bagaimana Rahab orang Yerikho berkata “Sebab kami mendengar, bahwa TUHAN telah mengeringkan air Laut Teberau di depan kamu, ketika kamu berjalan keluar dari Mesir, dan apa yang kamu lakukan kepada kedua raja orang Amori yang di seberang sungai Yordan itu, yakni kepada Sihon dan Og, yang telah kamu tumpas. Ketika kami mendengar itu, tawarlah hati kami dan jatuhlah semangat setiap orang menghadapi kamu, sebab TUHAN, Allahmu, ialah Allah di langit di atas dan di bumi di bawah.” 

Sesungguhnya pada masa itu banyak orang orang-orang yang membicarakan keagungan dan kedahsyatan Tuhan.

Pada hari ini kita mengalami pemenuhan janjiNya bahwa Roh yang dahsyat dan ditakuti oleh bangsa-bangsa lain pada masa Perjanjian Lama itu tidak hanya diberikan kepada bangsa Israel tetapi juga kepada kita dan bangsa-bangsa lain yang percaya kepada Injil Kerajaan Allah.

Petrus dan orang-orang Yahudi yang menyertai terheran-heran bahwa bangsa-bangsa lain juga dikaruniai Roh Kudus sehingga mereka mengalami manifestasi kuasa Roh Kudus.

Roh Kudus hari ini telah tinggal didalam hidup kita, karunia-karuniaNya juga diberikan kepada kita sesuai dengan anugerahNya.

Saudara, biarlah kehidupan kita semakin memanifestasikan kuasa dan karakterNya, bangsa-bangsa dan orang-orang yang belum percaya di sekeliling kita sedang menantikan bagaimana dampak Roh Kudus itu nyata dalam kehidupan kita sehari-hari.

Kesaksian dan perubahan hidup kita yang memanifestasikan kuasaNya akan membuat bangsa-bangsa dan suku bangsa datang kepada Kristus dan mengalami kepenuhan RohNya.

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan?

Diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.