JANJINYA BAGI KITA DAN BANYAK ORANG YANG DIPANGGIL

Penulis : Anang Kristianto
Editor : Ervinna Graceful

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

KISAH PARA RASUL 2:37-39

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang dikatakan oleh orang-orang Yahudi yang tinggal di Yerusalem setelah mendengar kotbah Petrus?
  2. Apa yang harus dilakukan oleh orang-orang itu untuk pengampunan dosa?
  3. Kapan mereka akan menerima Roh Kudus?
  4. Bagi siapa janji mengenai pengampunan dosa dan turunnya Roh Kudus?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, pada masa gereja mula-mula kehidupan kekristenan tidak semudah pada saat ini setidaknya di negeri kita, ketika para rasul memberitakan tentang Yesus mereka mendapat hambatan dari pemuka-pemuka agama dan pemerintah berkuasa yang suaranya lebih didengar banyak orang.

Janji mengenai pengampunan dosa dan turunnya Roh Kudus bagi orang Yahudi bukanlah hal yang bisa langsung mereka percayai, namun kita melihat bahwa kehidupan mula-mula jemaat Tuhan memberikan dampak yang luar biasa pada masyarakat waktu itu.

Suatu gaya hidup baru di tengah kondisi saat itu menarik perhatian banyak orang, sehingga jumlah orang-orang percaya bertambah dengan cepat di tengah penderitaan dan aniaya yang dialami murid-murid.

Kumpulan orang-orang percaya ini mewarnai masa itu dengan aktivitas yang membuat banyak orang menyukai mereka sehingga Tuhan menambahkan jumlah mereka hari demi hari.

Kita percaya bahwa hal ini terjadi karena pekerjaan Roh Kudus yang telah dicurahkan sehingga banyak orang mulai sadar akan kondisi mereka, percaya pada Yesus dan mengalami janji mengenai pengampunan dosa dan pimpinan Roh Kudus yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Saat ini kita seharusnya lebih mudah memahami kebenaran tetang pengampunan dosa dan Roh Kudus karena tidak hanya membaca Firman Tuhan tetapi melihat bagaimana sejarah dan kesaksian membuktikan janji Tuhan ini sedang digenapi.

Hari ini saudara membaca Firman Tuhan itu berarti saudara menjadi bagian dari orang-orang yang mengalami janji pengampunan dosa dan pimpinan Roh Kudus.

Kita harus menyadari bahwa tidak semua orang mempunyai kesempatan untuk membaca dan mengalami kebenaran, kita mengalami karena Roh Kudus memampukan kita.

Jadi bersyukurlah untuk itu, mari kita menjadi bagian dari orang-orang percaya yang memanifestasikan hati Tuhan untuk banyak orang boleh mendengar Injil Kerajaan Allah.

Janji mengenai pengampunan dosa dan pencurahan Roh Kudus terus digenapi tidak hanya bagi generasi kita tetapi juga bagi banyak orang pada generasi yang akan datang.

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan?

Diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.