BENDAHARA YANG TIDAK JUJUR

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong
Editor : Ervinna Graceful

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

LUKAS 16:1-9

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Lukas 16:9.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Mengapa bendahara tersebut disebut sebgai bendahara yang tidak jujur?
  2. Digunakan untuk apakah uang yang ada di bendahara tidak jujur tersebut sehingga dia dipecat?
  3. Apakah pujian dari tuan tersebut kepada bendahara yang tidak jujur?
  4. Apakah pesan dari Tuhan Yesus bagi kita terhadap uang atau Mamon yang tidak jujur?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Seorang bendahara yang tidak jujur dipecat oleh tuannya karena sebagai seorang bendahara dia tidak menggunakan uang yang ada dengan tepat, di mana uang yang ada digunakan untuk membantu orang lain dengan memberikan hutang kepada orang lain dan bukan untuk dirinya sendiri.

Walaupun dia dipecat namun tuannya memuji bendahara tersebut karena dia telah bertindak dengan cerdik menggunakan uang untuk kepentingan sesamanya.

Tuhan ingin agar kita sebagai anak-anak terang dapat menggunakan Mamon yaitu uang dan harta yang Tuhan percayakan untuk kepentingan dan persahabatan dengan orang lain, sehingga ketika uang tidak dapat menolong kita lagi namun persahabatan yang telah kita bangun kepada orang lain melalui uang dan harta tidak pernah pudar sehingga uang dan harta dapat menolong kita untuk membawa orang-orang lain mengenal dan masuk dalam Kerajaan Allah.

Ada beberapa hal yang perlu kita pahami tentang uang dan harta sehingga tidak menghancurkan hidup kita tetapi membawa kita kepada kemah abadi diantaranya: jadikan uang dan harta sebagai alat bantu untuk memuliakan Allah dan mewujudkan rencana-Nya dengan menolong orang lain.

Membuang semua sikap hati atau nilai-nilai yang salah terhadap uang dan harta yang akan menciptakan berbagai kehidupan yang negatif bagi hidup kita karena akar dari segala kejahatan adalah cinta akan uang.

Dengan pemahaman yang benar terhadap uang dan juga penggunaannya maka uang dan harta yang Tuhan percayakan untuk kita kelola semuanya untuk kepentingan Kerajaan Surga.

Diskusikan dalam komunitas saudara bagaimana setiap uang yang dipercayakan kepada saudara benar-benar dipakai untuk kepentingan Kerajaan Surga