KEBAJIKAN DAN KEMURAHAN TUHAN YANG MENGIKUTI KITA

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong
Editor : Ervinna Graceful

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

MAZMUR 23:1-6

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Mazmur 23:6.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Sebagai apakah Tuhan bagi Daud?
  2. Hal apakah yang akan mengikuti Daud seumur hidupnya karena dia menjadikan Tuhan sebagai gembala yang baik?
  3. Coba sebutkan  kebajikan dan kemurahan Tuhan yang senantiasa mengikuti Daud?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Pemazmur Daud telah menjadikan Tuhan adalah gembala yang baik baginya, itulah sebabnya kebajikan dan kemurahan Tuhan senantiasa mengikuti Daud di dalam seluruh hari-hari hidupnya.

Daud mengalami realita kehadiran Tuhan dalam setiap aspek kehidupannya, sehingga dia dibedakan Tuhan dengan orang-orang lain di sekitarnya.

Kebajikan dan kebaikan itu diantaranya adalah bahwa Daud tidak akan kekurangan: tidak kekurangan hikmat, tidak kekurangan kesehatan juga tidak kekurangan secara ekonomi.

Realita Tuhan juga dialami oleh Daud dimana Tuhan membaringkan dia di padang yang berumput hijau dan membimbing dia ke air yang tenang serta menuntun Daud di jalan yang benar sehingga Daud memiliki jiwa yang tenang dan senantiasa disegarkan oleh Tuhan.

Bahkan ketika Daud berjalan dalam lembah kekelaman, pergumulan hidup serta pencobaan, maka dia tidak takut bahaya karena penyertaan Tuhan melalui kehadiran-Nya serta tuntunan Firman Tuhan itulah yang menghibur dan memberikan kekuatan bagi Daud.

Dan ketika musuh-musuh Daud mengepung dia dan berada dihadapannya, Daud tetap menikmati kehadiran Tuhan yang memberikan kekuatan dan ketenangan yang luar biasa karena dia tidak fokus kepada musuhnya tetapi realita Tuhan sebagai gembala yang baik, juga urapan Tuhan yang membuat dia berjalan dengan penuh kuasa yang melimpah-limpah sehingga dia hidup dalam kemenangan yang gilang-gemilang.

Bagi kita pun umat-Nya yang menjadikan Tuhan sebagai gembala yang baik akan senantiasa diikuti oleh kebajikan dan kemurahan Tuhan sehingga selalu mengalami dan menikmati realita kehadiran Tuhan dalam segala hal.

Diskusikanlah dalam komunitas saudara kebajikan dan kemurahan Tuhan apakah yang saudara alami karena menjadikan Tuhan sebagai gembala yang baik.