“BERKAT TUHANLAH YANG MEMBUAT KAYA”

Penulis : Pdt. Robinson Saragih
Editor : Ervinna Graceful

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

AMSAL 10:20-23

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Seperti apa lidah orang benar?
  2. Bibir orang benar dapat melakukan apa bagi orang banyak?
  3. Apa yang membuat seseorang menjadi kaya?
  4. Apa kegemaran orang bebal dan apa pula kegemaran orang pandai?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, adakah contoh bagaimana BERKAT TUHAN, membuat seseorang menjadi kaya?

Alkitab dengan jelas menuliskannya :

KEJADIAN 26:12-13 ”Maka menaburlah ISHAK di tanah itu dan dalam tahun itu juga ia mendapat hasil seratus kali lipat, sebab ia diberkati Tuhan. Dan orang itu menjadi kaya. Bahkan kian lama kian kaya, sehingga ia menjadi sangat kaya.”

Ketika terjadi panceklik, masa kelaparan di seluruh daerah itu, maka Ishak hendak pindah ke Mesir seperti ayahnya pernah lakukan.

Namun TUHAN menampakkan diri kepadanya, dan melarang dia pergi ke Mesir.

Dan TUHAN akan memberkati dia ketika dia tidak menggingalkan daerah yang TUHAN sudah janjikan kepada BAPAK ABRAM ayahnya.

Ishak tetap tinggal di daerah PALESTINA itu, sebagai ORANG ASING di tempat itu.

Ketika kekeringan itu Ishak percaya kepada TUHAN, dan dia menabur benih di tanah kering itu, namun kepercayaannya membuat dia berhasil, dia menabur benih dan mendapat hasil seratus kali tahun itu, kok bisa?

Jawabannya adalah KARENA TUHAN, ALLAH MEMBERKATI DIA.

Dia menjadi kaya karena berkat TUHAN itu, bahkan Ishak SEMAKIN KAYA, DAN JELAS Alkitab katakan bahwa semakin lama Ishak semakin kaya, sehinggga dia sangat kaya.

Satu contoh yang lain adalah AYUB :

AYUB 1:1-3 “Ada seorang laki-laki di tanah Us Bernama Ayub; orang itu saleh dan jujur, takut akan Allah dan menjauhi kejahatan. Ia mendapat tujuh anak laki-laki dan tiga anak perempuan. Ia memiliki tujuh ribu ekor kambing domba, tiga ribu ekor unta, lima ratus pasang lembu, lima ratus keledai betina dan budak-budak dalam jumlah yang sangat besar, sehingga orang itu adalah yang terkaya dari semua orang di sebelah timur.”

AYUB 1:9-10 Lalu jawab Iblis kepada Tuhan : ”Apakah dengan tidak mendapat apa-apa Ayub takut akan Allah? Bukankah Engkau yang membuat pagar sekeliling dia dan rumahnya serta segala yang dimilikinya? Apa yang dikerjakannya telah Kau berkati dan apa yang dimilikinya makin bertambah di negeri itu.”

Saudara, jadi jelas bahwa pernyataan “BERKAT TUHAN MEMBUAT KITA KAYA”  adalah pernyataan yang benar dan tidak asal-asalan.

“BERKAT TUHANLAH YANG MENJADIKAN KAYA, SUSAH PAYAH TIDAK AKAN MENAMBAHINYA”

Saudara, apakah susah payah benar-benar tidak menambahkan kekayaan kita?

Saudara, ketika kita diberkati Tuhan, maka apa saja yang kita kerjakan akan diberkatinya, sehingga pekerjaan itu tidak menjadi sesuatu yang MENYUSAHKAN, jadi ketika kita mengerjakan semua pekerjaan kita, kita tidak mengalami KESUSAHAN, sehingga kita bekerja dengan RIANG tanpa SUSAH PAYAH.

Berkat TUHAN membuat kita akan BERSUKACITA, maka kita bekerja tanpa rasa SUSAH.

SEBERAT APAPUN PEKERJAAN KITA, jika DISERTAI BERKAT TUHAN, pastilah kita akan terus bersukacita, jadi tidak merasa SUSAH.

HALELUYA, PUJI TUHAN, AMEN!

Apa yang menyebabkan banyak orang bekerja dengan bersungut-sungut?