“JANGAN MENJADI HAMBA UANG”

Penulis : Pdt. Robinson Saragih
Editor : Ervinna Graceful

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

IBRANI 13:5-8

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang dilarang bagi kita orang yang percaya?
  2. Apa yang telah Allah janjikan kepada orang yang percaya kepada-Nya?
  3. Apa yang menyebabkan kita tidak perlu takut kepada manusia?
  4. Apa yang patut kita perhatikan pada hidup seorang pemimpin?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, TUHAN YESUS pernah berkata :

MATIUS 6:24 “Tak seorangpun bisa mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.”

TUHAN YESUS dengan jelas menegaskan kamu tidak bisa mengabdi kepada Allah dan juga kepada Mamon.

Mamon di sebut juga UANG.

Rasul Petrus pernah menasihati anak Rohaninya TIMOTIUS dalam suratnya kepada anak rohaninya itu :

I TIMOTIUS 6:10 “Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orng telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.”

Saudara, mengabdi kepada Mamon atau mengabdi kepada uang, menyebabkan banyak orang menjadi jahat dan bodoh, sering sekali tidak menggunakan akal sehat mereka, sehingga mereka benar-benar seperti orang bodoh yang tidak memiliki kecerdasan dan menjadi seorang yang tidak punya hati Nurani sama sekali.

Tidak bedanya dengan manusia duniawi yang tidak mengenal Tuhan Yesus yang begitu sangat mengasihi siapapun orang-orang yang musti dikasihi-Nya.  

YESUS KRISTUS sebagai kepala GEREJA melalui ROH KUDUS melalui rasul YOHANES menasihatkan jemaat gereja mula-mula dalam suratnya :

I YOHANES 2:15-17 “Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu. Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia. Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya.”

Yesus melarang umat-Nya mencintai dunia ini yang sering sekali diwakili oleh UANG, YAITU Mamon, yang sering menjadi sembahan bagi banyak orang yang belum percaya dan kadang-kadang anak-anak Tuhan yang tidak bertumbuh dengan baik manusia Rohnya, juga sering masih sangat mencintai uang.

Dan hal itulah yang menyebabkan dia jatuh terperosok jauh ke dalam lumpur dosa yang sering mengikat dan menawan orang-orang yang sudah pernah percaya kepada Tuhan itu, kehidupan mereka sangat mengenaskan dan mereka butuh belas kasihan dan doa-doa juga mereka perlu bantuan kita, untuk keluar dari ikatan tuan mamon yang sangat memikat dan mengikat mereka.

Keterikatan terhadap uang merupakan penyebab, anak-anak Tuhan mengalami berbagai masalah, hutang piutang, berbohong bahkan akan melakukan penipuan, pecurian dan berbagai dosa yang menjijikkan, yang dahulu mungkin merupakan kebiasaan kita, namun setelah kita PERCAYA YESUS, hal itu sudah kita tinggalkan dan kita tidak akan mau kembali lagi, itulah sebabnya jika kita anak-anak Tuhan yang sudah lahir baru, seharusnya dengan cepat kita menyerahkan hidup kita kepada pimpinan Roh Kudus, dengan mempersembahkan tubuh kita sepenuhnya bagi kemuliaan Dia.

Rasul Paulus menasihatkan jemaat Korintus dan dia mengingatkan keberadaan mereka setelah berpisah dari dunia seharusnya sepenuhnya kita RELA MELAYANI TUHAN ALLAH, BAPA YANG MENGASIHI KITA :

I KORINTUS 6:19-20 “Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah,- dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayara; Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!”

Dengan sangat jelas Paulus menyarankan supaya kita MELAYANI ALLAH DENGAN TUBUH KITA TUBUH YANG TELAH MENJADI RUMAH KEDIAMAN ALLAH DI DUNIA INI.

Oleh karena itu, marilah kita mengabdi kepada TUAN, yang SANGAT MENGASIHI KITA. Yang telah menjadikan kita budak ini menjadi ANAK-NYA.

Satu hal yang perlu kita ketahui dan sangat perlu kita pelajari dan amati dalam hidup kita, janji Allah yang sedang digenapi dalam hidup kita dalam PENGABDIAN KITA KEPADA TUAN YANG BENAR, bukan kepada Mamon si pencuri yang pekerjaannya adalah MENCURI, MEMBUNUH dan MEMBINASAKAN. Inilah janji Bapa yang disampaikan oleh rasul Paulus dalam :
ROMA 8:26-30 : ”Demikian juga Roh membantu kita dalam kelemahan kita; sebab kita tidak tahu, bagaimana sebenarnya harus berdoa, tetapi Roh sendiri berdoa untuk kita kepada Allah dengan keluhan-keluhan yang tidak terucapkan. Dan Allah yang menyelidiki hati Nurani, mengetahui maksud Roh itu, yaitu bahwa Ia, sesuai dengan kehendak Allah, berdoa untuk orang-orang kudus. Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. Sebab semua orang yang dipilihNya dari semula mereka ditentukanNya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, AnakNya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. Dan mereka yang ditentukanNya dari semula, mereka itu juga dipanggilNya. Dan mereka yang dipanggilNya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkanNya, mereka itu juga dimuliakanNya.”

Saudara, suatu hal yang sangat berharga ketika kita mengabdi kepada TUHAN YANG BENAR bukan kepada Mamon.

Ketika kita kehilangan dunia karena kita tidak mengasihinya, mungkin kita akan disebut BODOH dan TOLOL dalam pandangan orang-orang dunia yang mencintai UANG alias MAMON, namun TUHAN sendiri yang menjanjikan dari sejak zaman PURBAKALA, ketika nabi-nabi TUHAN bernubuat bahwa ALLAH sumber segala sesuatu itu akan MEMULIAKAN orang-orang PILIHANNYA.

Saudara, hari-hari ini ada banyak anak manusia bisa bersaksi bahwa ALLAH BAPA KITA adalah ALLAH PERJANJIAN yang selalu menepati janji-Nya. DIA adlah ALLAH YANG SETIA, dan tidak pernah INGKAR JANJI.

Oleh karena itu lewat tulisan ini saya mau menganjurkan supaya saudara, SECEPATNYA, MEMPERSEMBAHKAN TUBUHMU, untuk melayani DIA RAJA KEMULIAAN yang sebentar akan datang dengan KEMULIAANNYA, dan DIA ingin membawa semua hamba-hambaNya yang telah diangkat menjadi ANAK dan menjadi SAHABATNYA, untuk mengalami dan menikmati KEMULIAANNYA.

HALELUYA, PUJI TUHAN, AMEN!

Siapa yang disebut HAMBA UANG atau sahabat Mamon itu?