SETIA MULAI DARI PERKARA KECIL

Penulis : Anang Kristianto
Editor : Ervinna Graceful

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

LUKAS 16:10-12

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang terjadi bila kita setia dengan perkara kecil?
  2. Apa yang terjadi bila kita tidak benar dalam perkara-perkara kecil?
  3. Jika kita tidak setia dalam hal Mamon yang tidak jujur, apa yang akan terjadi?
  4. Apa yang terjadi bila kita tidak setia dalam harta orang lain?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Prinsip bahwa segala sesuatu perlu dilatih mulai dari hal yang sederhana adalah prinsip yang telah teruji bertahun-tahun.

Dalam Perjanjian Lama kita bisa belajar dari Daud dan Yusuf, mereka adalah orang-orang yang dipakai Tuhan untuk mengajarkan kepada kita bahwa kemampuan untuk setia dalam kebenaran dan tanggung jawab yang Tuhan percayakan dimulai dari tanggung jawab sederhana.

Daud sebelum dipercaya memimpin bangsa Israel dilatih Tuhan untuk menggembalakan beberapa ekor domba ayahnya.

Sekalipun jumlahnya “ tidak seberapa “ namun Daud harus bertarung dengan binatang buas demi menjaga kawanan domba yang dipercayakan kepadanya tidak mengalami celaka atau kematian.

Begitu juga dengan Yusuf, sekalipun harus bekerja sebagi budak yang mungkin diawalnya dipercayakan hanya tugas sepele atau hina tapi dia harus kerjakan dengan baik, terbukti Potifar semakin mempercayakan banyak hal kepada Yusuf, dan pada akhirnya  Raja Mesir juga mempercayakan Yusuf untuk membuat strategi menghindari Mesir dari kelaparan dan kekeringan.

Mari kita setia dengan perkara atau tanggung jawab kecil yang Tuhan percayakan kepada kita dengan mengelolanya seperti yang Tuhan kehendaki.

Jika kita punya uang dan aset yang masih kecil gunakan dan kelola dengan baik.

Beberapa perumpamaan Yesus memberikan pemahaman agar kita melipatgandakan, agar kita menaburnya dan juga menggunakannya untuk keperluan kehidupan kita, semuanya dimulai dari nilai yang kecil sesuai dengan apa yang Tuhan percayakan.

Sejatinya tidak hanya materi tetapi juga sesuatu yang kekal dan berharga yaitu orang-orang yang Tuhan percayakan kepada kita untuk dimuridkan.

Setialah dengan jumlah yang Tuhan percayakan kepada kita saat ini, sediakanlah waktu untuk mengajarkan dan melakukan apa yang Tuhan perintahkan kepada sehingga mereka menjadi murid-murid Kristus yang sejati.

Bila kita setia melakukan kebenaran dalam perkara-perkara sederhana serta memberi mulai dari jumlah kecil pasti Tuhan akan mempercayakan kepada kita tanggung jawab yang lebih besar serta kemampuan memberi yang jauh lebih memberkati  banyak orang.

Tetap semangat dan setia mulai dari perkara kecil.

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan?

Diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.