MENJADI BERKAT SEMUA KAUM DI MUKA BUMI

Penulis : Pramadya Wisnu
Editor : Ervinna Graceful

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

KEJADIAN 12:1-3

Bacalah bagian Firman ini utuh dalam perikopnya, berulang-ulang, supaya saudara dapat mengikuti jalan ceritanya dan dapat menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Allah memanggil Abram untuk melakukan apa?
  2. Dan apa yang Allah janjikan bagi Abram?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Abraham adalah salah satu tokoh di Alkitab yang sangat dikenal oleh orang Kristen.

Namanya disebut 259 kali di Alkitab.

Dan jika kita mengenang Abraham, maka saudara mungkin teringat bagaimana dia taat ketika dipanggil dari tempat asalnya untuk berpindah ke tanah perjanjian.

Bagaimana dia juga taat ketika Allah meminta Abraham untuk mengorbankan Ishak sebagai korban bakaran, dan yang kemudian kita tahu kisahnya, Allah menyediakan domba tepat sebelum Ishak benar-benar dikorbankan.

Begitu banyak kisah Abraham yang luar biasa sehingga dari masa ke masa banyak orang tua yang menamai anaknya dengan nama Abraham.

Misalnya Abraham Lincoln yang kemudian menjadi presiden di Amerika Serikat.

Firman Allah kepada Abraham, “Pergilah dari negerimu dan dari sanak saudaramu dan dari rumah bapamu ini ke negeri yang akan Kutunjukkan kepadamu; Aku akan membuat engkau menjadi bangsa yang besar, dan memberkati engkau serta membuat namamu masyhur; dan engkau akan menjadi berkat. Aku akan memberkati orang-orang yang memberkati engkau, dan mengutuk orang-orang yang mengutuk engkau, dan olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat.”

Ketaatan Abraham, imannya bahwa Allah pasti akan menepati janji-Nya.

Dan kemudian terbukti, Allah memberkati Abraham dengan harta kekayaan yang luar biasa banyak.

Dan dia juga menjadi berkat bagi banyak orang.

Kita ingat karena begitu banyak harta Abraham dan Lot keponakannya, baik itu ternak, perak dan emasnya.

Ditulis di Kitab Kejadian 13:6 “Tetapi negeri itu tidak cukup luas bagi mereka untuk diam bersama-sama, sebab harta milik mereka amat banyak, sehingga mereka tidak dapat diam bersama-sama.” Abraham meminta keponakannya untuk memilih dimana ia akan tinggal. Sebagai paman, Abraham layak untuk memilih terlebih dulu, tetapi dia meminta keponakannya yang terlebih dulu memilih. Dan Lot pun memilih daerah di Timur sungai Yordan dan Abaraham kemudia memilih Kanaan di Barat sungai Yordan.

Dan kita tahu bahwa Lot ternyata salah pilih, daerah subur di tepi sungai Yordan ternyata mendatangkan bencana bagi dia dan keluarganya.

Lot tidak menyadari bahwa dia memilih tempat yang tidak jauh dari Sodom dan Gomora.

Dua kota yang kemudian dimusnahkan oleh Allah. 

Abraham oleh karena ketaatannya dan kesetiaannya kepada Allah, maka Allah melindungi dia dari mara bahaya.

Abraham tidak hanya kaya raya, tetapi imannya telah menjadi contoh bagi banyak orang percaya dari dahulu hingga saat ini.

Saudara, apakah yang menjadi kunci keberhasilan Abraham hingga dia menjadi bapa leluhur Israel, bapa leluhur orang percaya hingga masa kini.