JANGANLAH MENGASIHI DUNIA DAN APA YANG ADA DI DALAMNYA

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong
Editor : Ervinna Graceful

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

I YOHANES 2:14-17

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah I Yohanes 2:15.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Hal-hal apakah yang tidak boleh kita kasihi? Mengapa?
  2. Coba sebutkan hal-hal duniawi yang tidak boleh kita kasihi?
  3. Siapakah yang tetap hidup selama-lamanya?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Tuhan memerintahkan agar kita sepenuhnya mengasihi Dia dengan seluruh keberadaan kita.

“Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.” (Matius 22:37).

Akibatnya kita tidak boleh membuat berhala-berhala yang membuat kita mencintai berhala tersebut.

“Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku. Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apa pun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi. Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku.” (Keluaran 20:3-5).

Oleh karena itu kita harus menyingkirkan berhala-berhala tersebut sehingga kita dapat mengasihi Tuhan dengan sepenuh hati.

Di antara berhala-berhala tersebut adalah: keinginan daging dan hawa nafsu dosa, keinginan mata dan kesombongan yaitu sikap yang mementingkan diri dan selalu mengandalkan diri sendiri dan kemampuan diri sendiri, tidak mengandalkan Tuhan.

“Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala.” (Kolose 3:5).

Termasuk juga keinginan-keinginan yang jahat diantaranya: marah, geram, kejahatan, fitnah, kata-kata kotor, dusta dan kebohongan, kebencian, iri hati, kedengkian, gosip, dan lain-lain.

Dunia ini akan lenyap dan segala hal yang jahat serta terlarang itu akan ikut lenyap, tetapi setiap kita yang mau melakukan kehendak Allah akan tetap hidup selama-lamanya bersama Yesus sehingga kita dapat mengalami kepenuhan Kristus.

Diskusikan dalam komunitas saudara bagaimana saudara tetap mengasihi Tuhan di tengah-tengah gejolak dunia yang ingin membuat saudara cinta pada dunia ini!