SERUPA DENGAN DIA DALAM KEMATIAN-NYA

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong
Editor : Ervinna Graceful

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

FILIPI 3:10-14

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Filipi 3:10.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah yang dirindukan dan diupayakan oleh Rasul Paulus dalam pengenalannya akan Tuhan?
  2. Menurut saudara apakah maksudnya menjadi serupa dengan Dia dalam kematian-Nya?
  3. Apakah tujuannya?
  4. Apakah yang diupayakan oleh Rasul Paulus agar kerinduan hatinya dalam pengenalan akan Tuhan dapat diwujudkan?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Sebagai seorang pemimpin jemaat dan orang yang membawa pergerakan, maka Rasul Paulus memiliki tujuan yang sangat luar biasa yaitu ingin mengenal Tuhan dan kuasa kebangkitan-Nya juga mau menderita seperti Kristus juga pernah menderita bahkan sampai mati di kayu salib, sehingga Rasul Paulus pun ingin menjadi serupa dengan Kristus dalam kematian-Nya.

Tujuannya agar dia beroleh kebangkitan dari antara orang mati.

Untuk menjadi serupa dengan Kristus dalam kematian-Nya, maka diperlukan mati terhadap dosa dan kedagingan, mati terhadap keinginan dunia dan keinginan mata termasuk keinginan untuk mencintai diri sendiri atau mementingkan diri sendiri.

“Demikianlah hendaknya kamu memandangnya: bahwa kamu telah mati bagi dosa, tetapi kamu hidup bagi Allah dalam Kristus Yesus. Sebab itu hendaklah dosa jangan berkuasa lagi di dalam tubuhmu yang fana, supaya kamu jangan lagi menuruti keinginannya.” (Roma 6:11-12).

Hal ini perlu dihidupi setiap hari supaya kita membawa kehidupan Yesus dimanapun kita berada.

“Kami senantiasa membawa kematian Yesus di dalam tubuh kami, supaya kehidupan Yesus juga menjadi nyata di dalam tubuh kami.” (II Korintus 4:10).

Dengan senantiasa hidup terus menerus serupa dengan Kristus dalam kematian-Nya,  maka kita semua akan mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus dan menggenapi Firman Tuhan dalam Efesus 1:23: “Jemaat yang adalah tubuh-Nya, yaitu kepenuhan Dia, yang memenuhi semua dan segala sesuatu” menjadi seperti Yesus.

Diskusikan dalam komunitas saudara bagaimana saudara mengupayakan kehidupan yang senantiasa serupa dengan Yesus dalam kematian-Nya!