SAMPAI RUPA KRISTUS MENJADI NYATA

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong
Editor : Ervinna Graceful

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

GALATIA 4:16-20

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Galatia 4:19.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah tujuan akhir bagi jemaat Galatia yang dibangun oleh Rasul Paulus?
  2. Ajaran apakah yang ada pada saat itu yang membuat jemaat Galatia dialihkan dari tujuan tersebut?
  3. Apakah yang dirasakan oleh Rasul Paulus agar rupa Kristus menjadi nyata bagi jemaat Galatia?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Dalam membangun jemaat Galatia, Rasul Paulus memiliki tujuan agar mereka mengalami kepenuhan Kristus.

Namun dalam perjalanannya, Rasul Paulus mendapat tantangan dari orang-orang yang membawa Injil yang palsu yang menyebabkan mereka dapat disesatkan.

Hal ini yang membuat hubungan jemaat Galatia menjadi tidak harmonis dengan Rasul Paulus.

Ajaran tersebut adalah bahwa keselamatan yang mereka peroleh oleh karena iman kepada Yesus diganti dengan ketaatan kepada hukum Taurat sehingga Rasul Paulus harus merasa sakit bersalin agar rupa Kristus menjadi nyata dalam jemaat Galatia.

Maksudnya Paulus harus mendidik, mengajar kembali jemaat Galatia agar mereka kembali memahami bahwa keselamatan karena iman kepada Yesus Kristus sampai pribadi Yesus dicetak ulang dalam kehidupan jemaat Galatia.

Dalam situasi akhir zaman seperti saat ini, ada banyak ajaran-ajaran yang dapat kita saksikan melalui orang-orang yang kredibilitasnya tidak dapat dipertanggungjawabkan baik dari media sosial maupun dari mimbar-mimbar gereja yang motifnya adalah uang dan ketenaran.

Ajaran-ajaran tersebut dapat membingungkan bahkan menyesatkan kehidupan umat Tuhan.

Kita harus berhati-hati.

“Hati-hatilah, supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia, tetapi tidak menurut Kristus.” (Kolose 2:8).

Seperti yang diajarkan oleh Rasul Paulus, seharusnya kebenaran yang diajarkan kepada jemaat haruslah semakin membawa mereka kepada kesempurnaan Kristus sehingga ajaran-ajaran yang tidak membawa jemaat kepada Kristus harus disingkirkan.

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana saudara terhindar dari ajaran-ajaran sesat dan manusiawi sehingga saudara dapat terus mengalami keserupaan dengan Kristus!