TERUS MENERUS DIPERBARUI

Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong
Editor : Ervinna Graceful

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

KOLOSE 3:10-13

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Kolose 3:10.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Hal apakah yang telah kita kenakan agar terus menerus diperbarui?
  2. Apakah tujuan yang ingin dicapai?
  3. Sebutkanlah karakter yang dimiliki oleh orang percaya yang hidupnya sudah diperbarui dan memiliki gambar Kristus?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Ketika kita mengalami kelahiran kembali dan percaya bahwa kematian Yesus berlaku dalam hidup kita maka manusia lama kita telah disalibkan.

“Demikianlah hendaknya kamu memandangnya: bahwa kamu telah mati bagi dosa, tetapi kamu hidup bagi Allah dalam Kristus Yesus.” (Roma 6:11).

Sehingga kita memiliki manusia yang baru yaitu benih Yesus Kristus.

Kita harus menanggalkan manusia lama tersebut dan mengenakan manusia baru dengan cara mengalami pembaruan dalam pikiran, perasaaan dan kehendak kita.

“Yaitu bahwa kamu, berhubung dengan kehidupan kamu yang dahulu, harus menanggalkan manusia lama, yang menemui kebinasaannya oleh nafsunya yang menyesatkan, supaya kamu dibarui di dalam roh dan pikiranmu, dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.” (Efesus 4:22-24).

Pembaruan dalam jiwa kita harus terus menerus terjadi sampai kita mengalami kepenuhan Kristus.

Salah satu cara kita mengalami pembaruan adalah dengan mengalami pekerjaan Firman Tuhan setiap hari melalui perenungan Firman Tuhan dan mendeklarasikan Firman Tuhan sampai Firman Tuhan tersebut mencetak ulang pikiran dan perasaan serta kehendak kita dari pikiran, perasaan dan kehendak yang salah yang kita bangun tidak seperti yang Tuhan Firmankan.

Butuh ketekunan, kegigihan dan kesetiaan agar manusia baru dalam hidup kita menjadi nampak, di antaranya dari kehidupan berdusta menjadi jujur, dari kehidupan pemarah menjadi pribadi yang ramah, pemalas menjadi orang yang rajin, hidup saling mengampuni, tidak hidup dalam pertikaian, fitnah dan segala bentuk kejahatan-kejahatan yang lainnya.

Akhirnya menjadi seperti Yesus.

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana saudara mengalami proses terus menerus diperbarui sehingga memiliki pikiran Kristus!