“BERAKAR DAN DI BANGUN DI ATAS KRISTUS”

Penulis : Pdt. Robinson Saragih
Editor : Ervinna Graceful

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

KOLOSE 2:6-10

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. YESUS harus diterima sebagai apa, supaya kita selamat dan lahir baru?
  2. Apa yang menyebabkan seseorang tidak bisa berakar dan bertumbuh dan dibangun dalam Kristus?
  3. Dalam hal apa kita supaya semakin TEGUH?
  4. Di dalam siapakah secara JASMANIAH  berdiam seluruh KEPENUHAN ALLAH?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, setelah kita percaya kepada Yesus Kristus, masih juga kadang kala kita keluar dari persekutuan dengan YESUS KRISTUS, apakah yang menyebabkan kita keluar dari hubungan itu?

Rasul Paulus menuliskan PENYEBAB kita KELUAR dari KRISTUS yaitu :

GALATIA 5:4 Kamu lepas dari KRISTUS, jikalau kamu mengharapkan kebenaran oleh hukum Taurat; kamu hidup di luar kasih karunia.

Menurut rasul Paulus, ketika kita mengandalkan kemampuan kita memenuhi syariat hukum Taurat, maka kita keluar dari KASIH KARUNIA ALLAH.

Saudara, ketika seorang yang berharap kepada kemampuan diri sendiri, dan memegahkan kemampuan atau USAHA KITA, maka kita sudah berada di luar KRISTUS.

Justru ketika seseorang bergantung kepada ROH KUDUS, dan BERHARAP kepada PERTOLONGANNYA, maka hal itu menjadikan  orang itu akan tetap berada di dalam KRISTUS.  

Dan di dalam KASIH KARUNIA ALLAH.

Kita telah mengerti bahwa keselamatan kita bukan hasil usaha kita oleh karena itu, kita juga mustinya bergantung kepada KARYA AGUNG YESUS KRISTUS untuk beroleh KESELAMATAN kita.

EFESUS 2:8-9 Sebab kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi  pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.

Jadi begitulah juga pertumbuhan kerohanian kita, marilah kita terus berada di dalam Kristus dengan mengandalkan pertolongan Roh Kudus yang sudah dikaruniakan kepada kita oleh Bapa kita.

Sejak jauh hari, dari BERABAD-ABAD yang lalu TUHAN ALLAH telah MENUBUATKAN melalui NABI TUHAN YEHEZKIEL : bahwa ALLAH akan MENGARUNIAKAN ROHNYA yang akan menuntun kita bertumbuh dibangun di atas DIA YAITU KRISTUS.

YEHEZKIEL 36:26-27 Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan hati yang taat. Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturanKu dan melakukannya.

Jadi jelas bukan karena usaha kita namun HASIL KARYA TUHAN dalam HIDUP KITA yaitu KARYA ROH KUDUS TUHAN ALLAH di dalam kita mengusahakannya menjadi pekerjaan kita.

Namun Tuhan Roh Kuduslah yang melakukannya.

Hal itu sesuai dengan apa yang pernah di katakan oleh NABI ZAKHARIA :

ZAKHARIA 4:6 … : Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan, melainkan dengan Roh Ku, firman TUHAN semesta alam.

Tuhan Allah, BAPA kita itu tahu sehingga sejak dahulu DIA telah BERENCANA, bahwa TUHAN AKAN MENGARUNIAKAN ROH KUDUSNYA untuk anak-anak manusia supaya mereka bisa MENAATI DIA, supaya anak-anak manusia bisa MELAKUKAN FIRMAN-NYA.

Oleh karena itu Tuhan meminta supaya kita TETAP DI DALAM DIA atau juga YOHANES mengatakan bahwa KITA MESTI TINGGAL DALAM FIRMAN-KU.

Dengan tinggal di dalam KRISTUS maka kita akan berakar dan akan dibangun di atas KRISTUS menjadi sama dengan YESUS KRISTUS.

HALELUYA, PUJI TUHAN.

AMEN.

Mengapa bukan hasil usaha kita, atau hasil pekerjaan kita, tapi kasih karunia oleh IMAN, kita bisa berakar dan bertumbuh dalam KRISTUS?