MEMIKIRKAN HAL-HAL YANG DARI ROH

Penulis : Anang Kristianto
Editor : Ervinna Graceful

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

ROMA 8:1-5

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Siapa saja yang tidak mengalami penghukuman?
  2. Siapa yang telah memerdekakan kita dari hukum dosa dan hukum maut?
  3. Apa yang telah dilakukan Allah yang tidak mungkin bisa dilakukan oleh daging?
  4. Siapa yang memikirkan hal-hal dari Roh?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Sebagai manusia rohani sudah sewajarnya kehidupan kita senantiasa memprioritaskan hal-hal rohani sekalipun masih hidup didunia dalam tubuh daging.

Firman hari ini mengingatkan bahwa daging tidak berdaya untuk melakukan kebenaran.

Fakta bahwa daging tidak berdaya sudah terbukti dengan jelas dalam Perjanjian Lama sejak jatuhnya manusia dalam dosa.

Sekalipun sejarah mencatat bagaimana Tuhan hadir memimpin umat pilihanNya dengan barbagai mujizat dan kuasa, bahkan tercatat lahir suatu kerajaan Israel yang besar dengan Bait Allah yang sangat megah namun pada akhirnya kedagingan yang meruntuhkan itu semua.

Semua kejayaan dan kemuliaan baik kerajaan maupun Bait Allah secara fisik pada akhirnya runtuh karena kedagingan yang menguasai manusia.

Setelah masa kejayaan itu berlalu, sekalipun manusia memegang Hukum Taurat namun tidak banyak perubahan yang bisa dilakukan oleh manusia berdosa, bahkan Hukum Taurat hanya menjadi suatu aturan keagamaan di mana banyak orang melakukannya hanya agar  dipandang sebagai orang yang beragama.

Kehadiran Yesus membawa perubahan yang penting bagi kehidupan rohani manusia yang sejak semula memang diciptakan serupa dan segambar dengan Allah.

Kematian Yesus diatas kayu salib menebus kembali ciptaanNya dengan darahNya dan mengaruniakan Roh Kudus dengan tujuan manusia tidak lagi hidup dalam kedagingan tetapi dipenuhi dan dipimpin oleh Roh Kudus.

Rohlah yang memberi hidup daging sama sekali tidak berguna, oleh sebab itu hal-hal rohanilah yang terus akan dibawa kepada kekekalan.

Memikirkan hal-hal yang dari Roh berarti senantiasa mengingat kebenaran Firman Tuhan dan merenungkannya dalam setiap peristiwa masa lalu serta keputusan-keputusan yang akan kita buat untuk saat ini dan masa depan.

Memikirkan hal-hal yang dari Roh memberikan kehidupan dan damai sejahtera dalam hati dan pikiran kita, sementara memikirkan hal-hal yang dari daging akan membawa kita hidup menuruti keinginan daging yang membawa kepada maut.

Bagaimana dengan kehidupan kita saat ini?

Sejarah dalam Alkitab telah memberikan pelajaran kepada kita bagaimana kehidupan entah itu orang, keluarga atau bangsa akan berakhir dengan kegagalan ketika tidak dipimpin oleh Roh.

Kondisi dunia pada hari-hari terakhir tidak akan semakin baik, hanya memikirkan hal-hal dari Roh yang membuat kita dapat berjalan dalam kemenangan demi kemenangan sekalipun banyak pergumulan yang harus kita lalui.

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan?

diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.