BERTUMBUH DALAM SEGALA HAL KE ARAH KRISTUS

Penulis : Anang Kristianto
Editor : Ervinna Graceful

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

EFESUS 4:11-15

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Siapa yang memberikan rasul, nabi, pemberita injil, gembala dan pengajar?
  2. Apa fungsi mereka ini bagi orang-orang kudus?
  3. Seperti apa diibaratkan seorang anak?
  4. Dalam hal apa kita bertumbuh ke arah Kristus?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Selain kita menjadi murid-muridNya yang senantiasa mengalami perubahan pola pikir sebagai wujud dari buah pertobatan, kita juga diperlengkapi oleh orang-orang yang dipakai Tuhan sebagai rasul, nabi, penginjil, gembala dan pengajar.

Tujuannya jelas yaitu supaya kita tidak lagi seperti anak-anak yang senantiasa diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan.

Perubahan pola pikir dan perlengkapan dari orang-orang yang diurapi Tuhan adalah penting bagi kita agar kita terus mengalami pertumbuhan sehingga  dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih dan bertumbuh dalam segala hal ke arah Dia, yaitu Kristus yang adalah Kepala.

Bertumbuh adalah salah satu ciri dari sesuatu yang hidup, hanya benda mati yang tetap bentuknya dan tidak mengalami perubahan bentuk serta akan semakin rusak.

Seperti pohon yang mengalami pertumbuhan dari tunas menjadi batang kecil yang pada mulanya sangat rentan untuk patah akibat goyangan atau benturan hingga akhirnya menjadi suatu pohon yang berbatang kokoh serta tahan terhadap goncangan tentu memerlukan suatu proses pertumbuhan yang baik.

Perubahan pola pikir melalui pemuridan serta perlengkapan dari hambaNya membuat kita menjadi kuat sehingga tidak mudah diombang-ambingkan oleh berbagai pengajaran yang saat ini banyak bertebaran melalui media online.

Tujuan dari semuanya adalah agar kita dapat fokus dan teguh bertumbuh dalam segala hal ke arah Kristus.

Jadi mari kita terus bertumbuh, janganlah terus menjadi seperti anak-anak yang senantiasa diombang-ambingkan berbagai pengajaran, jadilah semakin dewasa dalam segala hal yang Tuhan percayakan kepada kita.

Ada banyak hal yang Tuhan percayakan beberapa diantaranya adalah studi, keluarga, pekerjaan, pelayanan, anak-anak rohani dan jasmani, bagaimana dengan semuanya itu?

Apakah semuanya bertumbuh seiring pertumbuhan kita?

Ataukah kita masih menjadi seperti anak-anak yang tidak dapat diberi tanggung jawab untuk mengelola apa yang dipercayakan dan gampang patah seperti tunas?

Hanya anak-anak yang masih terus hanya memikirkan dirinya sendiri.

Biarlah Roh Kudus berbicara secara khusus kepada kita hari ini agar kita mengerti kerinduanNya, karena Tuhan ingi kita terus bertumbuh untuk dipersiapkan menjadi mempelaiNya yang dewasa.

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan?

diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.