DIUBAH MENJADI SERUPA GAMBARNYA

Penulis : Anang Kristianto
Editor : Ervinna Graceful

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 

2 KORINTUS 3:14-18

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Mengapa pikiran mereka telah menjadi tumpul hingga saat ini?
  2. Apa yang dapat membuat  selubung itu dapat terambil dari seseorang?
  3. Mencerminkan siapa muka yang telah diangkat selubungnya?
  4. Kita diubah menjadi serupa dengan gambar siapa?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Perikop yang kita baca hari ini memberikan kita pemahaman bahwa pikiran menjadi bagian penting yang Tuhan ingin ubahkan dalam kehidupan seseorang yang telah menerima Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat.

Pikiran yang tertutup oleh “selubung” tidak dapat menyingkapkan kebenaran-kebenarn yang dibaca dari kitab suci baik dalam kitab perjanjian lama dan juga kitab perjanjian baru.

Bagaimana “selubung” dalam pikiran ini dapat diangkat?

Sesuai dengan kebenaran yang kita baca bahwa “apabila hati seorang berbalik kepada Tuhan, maka selubung itu diambil daripadanya”.

Pertobatan atau “metanoia” (perubahan pola pikir) adalah jalan agar selubung pikiran yang membelenggu orang berdosa diangkat sehingga kebenaran dapat tersingkap.

Jadi bila kita mengatakan bahwa kita sudah “bertobat” itu artinya bahwa kita bersedia mengalami perubahan pola pikir, kita bersedia untuk diajar oleh Roh Kudus dan juga orang-orang yang Tuhan percayakan sebagai pemurid agar hidup kita diubahkan mulai dari pola pikir.

Hal ini yang menjadi dasar mengapa Amanat Agung Yesus mengatakan “ jadikan semua bangsa muridKu”, karena seorang murid harus senantiasa bersedia untuk diubahkan pola pikirnya hari demi hari, diproses sedemikian rupa sehingga pada akhirnya memiliki pikiran Kristus dan tentunya bertindak seperti yang Yesus kehendaki.

Bagaimana dengan kondisi saudara saat ini?

Bila saudara pernah berdoa untuk bertobat mengakui kesalahan dan kejahatan serta menerima Yesus sebagai Tuhan dan juru selamat maka seharusnyalah kita bersedia untuk dimuridkan.

Bagaimana bila saat ini sudah dimuridkan?

Ya tentunya kita terus bersedia untuk diproses menjadi pemurid-pemurid seperti Yesus yang memuridkan banyak orang.

Bukankah tujuan akhirnya adalah menjadi serupa dengan gambarNya seperti dinyatakan dalam bacaan kita hari ini : “Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung.

Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar.”

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan?

diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.