Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : KISAH PARA RASUL 1:6-9

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Kisah Para Rasul 1:8.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah yang diterima oleh murid-murid Yesus ketika mereka mengalami pencurahan Roh Kudus?
  2. Apakah tujuan dari kuasa yang diberikan oleh Roh Kudus kepada mereka?
  3. Menurut saudara dengan cara bagaimanakah murid-murid Yesus bersaksi dan di mana?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Ketika Yesus naik ke surga Dia mengutus Roh Kudus kepada gereja-Nya agar kita beroleh kuasa.

Dan kuasa tersebut berasal dari Roh Kudus agar kita mengalami pekerjaan Roh Kudus yang memerdekakan kita dari kuasa dosa dan kuasa si jahat.

Dalam Yehezkiel 36:25 dikatakan: “Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu; dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu Aku akan mentahirkan kamu,” juga dalam II Korintus 3:17 dikatakan: “Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan.”

Kita dimerdekakan dari dosa karena kuasa Roh Kudus agar kita dapat dengan leluasa untuk bersaksi.

Selain dimerdekakan dari dosa kita juga dibebaskan dari kuasa iblis sehingga kita beroleh keberanian dalam bersaksi.

Dalam II Korintus 10:3-5 dikatakan bahwa: “Memang kami masih hidup di dunia, tetapi kami tidak berjuang secara duniawi, karena senjata kami dalam perjuangan bukanlah senjata duniawi, melainkan senjata yang diperlengkapi dengan kuasa Allah, yang sanggup untuk meruntuhkan benteng-benteng.Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah. Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus.”

Kemerdekaan dari dosa dan kuasa si jahat yang kita alami karena pekerjaan Roh Kudus tujuannya agar kita dapat menjadi saksi atau bersaksi dengan efektif karena kemerdekaan tersebut membuat kita mengalami kehidupan Yesus yang sesungguhnya, dengan demikian apa yang kita alami di dalam Yesus itulah yang kita saksikan kepada dunia ini melalui perkataan dan perbuatan kita.

Hidup itu telah dinyatakan, dan kami telah melihatnya dan sekarang kami bersaksi dan memberitakan kepada kamu tentang hidup kekal, yang ada bersama-sama dengan Bapa dan yang telah dinyatakan kepada kami.” (I Yohanes 1:1).

Oleh karena itu terimalah kuasa Roh Kudus untuk bersaksi melalui perkataan dan perbuatan kita.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana pengalaman saudara dalam bersaksi tentang kasih Tuhan kepada orang lain dengan kuasa Roh Kudus.