Renungan Harian Kita
Penulis : Pdt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : YOHANES 20:20-23

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang TUHAN YESUS perlihatkan untuk membuktikan bahwa DIA sudah bangkit, dan Dialah yang sedang berbicara kepada murid-murid itu?
  2. Apa yang Yesus katakan kepada mereka sebagai kata salam kepada para murid-murid itu?
  3. Apa yang TUHAN lakukan ketika YESUS mengutus murid-muridNya?
  4. Apa yang dapat dilakukan oleh para murid itu sebagai utusan Kristus?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, para murid diutus oleh Yesus, setelah Dia menghembuskan Roh Kudus kepada mereka.

Para murid diutus untuk memberitakan Injil Yesus Kristus, kepada orang yang belum percaya.

Pengutusan ini disebut juga dengan memperoleh penugasan yang dikenal dengan istilah umumnya “AMANAT AGUNG KRISTUS” yang berisi perintah umum adalah : PERGILAH JADIKANLAH SELURUH BANGSA MURID-KU, BAPTISLAH MEREKA DALAM NAMA BAPA, ANAK DAN ROH KUDUS.

Ketika seorang murid KRISTUS melakukan pemberitaan injil itu, dan ada orang yang menjadi percaya, kemudian orang percaya itu dibaptiskan dalam nama Bapa, Anak dan Roh Kudus, itu adalah pembaptisan menurut rasul Paulus yaitu seseorang itu mendapatkan pembasuhan atas dosanya :

Roma 6:3-4 Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam KRISTUS, telah dibaptis dalam kematian-Nya. Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru. 

Jadi ketika seseorang telah menerima YESUS KRISTUS dan percaya, maka orang itu telah menerima pengampunan dosanya.

Saudara, begitu hebat kuasa ROH KUDUS di dalam orang percaya yang mau memberitakan Injil, karena tidak bisa kita membuat orang lain bertobat dan lahir kembali, karena hal itu hanya bisa dikerjakan oleh Roh Kudus yang ada di dalam kita, yang mengurapi kita, sehingga pengurapan itu yang mempengaruhi orang-orang berdosa sehingga mereka mau percaya kepada berita yang kita sampaikan, yaitu berita Injil.

Roma 1:16 Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani.

Jadi ketika kita pergi untuk memberitakan Injil kita sedang memproklamasikan bahwa seseorang itu dosanya diampuni.

Begitu juga kalau ada seseorang yang bersalah kepada kita, dan kita memaafkan dia, berarti dia juga beroleh pengampunan kita, Tuhan Yesus dengan jelas mengatakan bahwa seseorang yang kita nyatakan bahwa dosanya diampuni, maka dosanya diampuni, begitu juga sebaliknya jika kita menyatakan dosanya tetap ada, maka dosanya tetap ada.

HALELUYA, YESUS DENGAN JELAS MENGATAKAN BAHWA :

Kisah Para Rasul 1:8 Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan di Samaria dan sampai ke ujung bumi.

Saudara, kita diutus dengan cara Bapa mengutus Yesus Kristus, kita diperlengkapi dengan perlengkapan dari atas yaitu : ROH KUDUS turun atas kita.

HALELUYA, PUJI TUHAN, AMEN!

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Selain dengan Roh Kudus, dengan apa lagi kita diperlengkapi oleh Bapa?