Renungan Harian Kita
Penulis : Pdt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : YOHANES 16:7-11

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Mengapa lebih berguna Yesus pergi ke surga dari pada tidak pergi?
  2. Siapa Penghibur itu?
  3. Apa yang akan Dia kerjakan kalau Dia datang?
  4. Siapa yang telah dihukum?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, ketika Yesus di muka bumi ini, Dia menjadi seorang manusia seperti kita, karena DIA meninggalkan kesetaraan-Nya dengan Allah di surga dan YESUS menjadi manusia seperti kita.

Sebagai manusia, YESUS tidak maha hadir, Dia sangat terbatas dengan tubuh manusianya.

YESUS, manusia yang dipenuhi Roh Kudus, pengurapan ROH KUDUS membuat Dia melakukan mukjizat seperti : menyembuhkan orang sakit, membuka mata orang buta, membuat orang lumpuh berjalan.

YESUS melakukan itu hanya seorang diri-Nya saja, PENGURAPAN ROH KUDUS dalam tubuh manusianya, membuat-Nya sangat terkendala.

Dalam kesalehan dan ketaatan-Nya kepada Bapa-Nya, Dia melakukan semua itu sendirian di temani oleh dua belas rasul yaitu murid-muridNya.

Karena itu Yesus menginginkan supaya kehadiran-Nya digantikan oleh ROH ALLAH yang selama ini mengurapi DIA.

Namun kehadiran ROH KUDUS tidak bisa diterima oleh dunia atau orang-orang yang tidak percaya, maka YESUS menyelesaikan PEKERJAANNYA atau MISINYA menjadi MESIAS, dengan cara MATI DI KAYU SALIB sebagai DOMBA PASKAH ALLAH.

Yesus MATI, DIKUBURKAN dan pada HARI KETIGA, DIA BANGKIT dari KUBUR, NAIK KE SURGA setelah empat puluh hari DIA membuktikan kepada seluruh orang yang sudah percaya kepada-Nya, lima ratus orang di sekitar YERUSALEM saja NAIK ke SURGA, duduk di sebelah KANAN ALLAH.

Pada hari PENTAKOSTA, sepuluh hari setelah DIA NAIK KE SURGA, YESUS MENGUTUS ROH KUDUS turun kepada MURID-MURIDNYA yang berkumpul di SERAMBI SALOMO, ROH KUDUS dicurahkan atas seratus dua puluh orang murid-muridNya.

Kehadiran ROH KUDUS, memberi KEBERANIAN kepada para murid-muridNya untuk bersaksi, maka setiap hari bertambahlah jumlah orang percaya dari antara orang-orang YAHUDI.

JADI fungsi ROH KUDUS menginsafkan manusia berdosa terhadap dosa dunia, penghakiman dan penghukuman, melalui orang percaya yang dikendalikan oleh Roh Kudus.

Itu sebab rasul Paulus mengatakan kepada orang-orang Percaya di GALATIA, Galatia 5:25 Jikalau kita hidup oleh Roh, maka hendaklah hidup kita juga dipimpin oleh ROH KUDUS.

Dengan dikuasai oleh Roh Kudus maka orang percaya bersaksi untuk mengingatkan dunia terhadap dosa dunia sehingga dunia insaf akan dosanya.

Jadi DUNIA diinsafkan oleh ROH KUDUS, melalui orang-orang PERCAYA yang dikuasai oleh ROH KUDUS, yaitu manusia yang ke atasnya telah turun ROH KUDUS.

HALELUYA, PUJI TUHAN, AMEN!

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Bagaimana sebaiknya hidup seorang yang sudah dipenuhi Roh Kudus?