Renungan Harian Kita
Penulis : Pdt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : II TIMOTIUS 3:1-5

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Kapan datangnya masa sukar?
  2. Siapa yang akan dicintai oleh manusia pada akhir zaman itu?
  3. Mengapa mereka tidak tahu mengasihi?
  4. Apakah pada akhir zaman manusia beribadah dan menyembah Allah?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, pada masa-masa terakhir akan datang masa sukar, akan ada banyak kesulitan yang menyebabkan manusia menjadi egois, hanya memikirkan kepentingan dan keperluannya saja, tidak ada yang mau memikirkan orang lain, semua orang hanya tertuju dan mengasihi dirinya sendiri dan mereka menjadi hamba uang, sehingga begitu banyaknya orang jahat yang tidak berpikir panjang, sangat reaktif, dan begitu banyaknya kejahatan dan kedurhakaan, yang timbul karena tidak adanya rasa “TAKUT AKAN TUHAN” di antara manusia.

Pada hari-hari ini banyak orang egois yang sangat mementingkan diri sendiri.

Banyak orang yang sangat gandrung terhadap kekayaan, dan yang sangat mencintai uang, dan banyak orang mengalami banyak masalah karena mereka ingin kaya, dan ingin memiliki banyak uang.

Ibrani 13:5 Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman : ”Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.”

Tuhan mau kita bisa mengucap syukur dengan apa yang ada pada kita dan mengelola apa yang ada pada kita sehingga kita berkecukupan.

Tuhan akan menolong kita dan Dia sangat memperhatikan kita.

Tuhan mau dalam hal apapun kita benar-benar merasakan perhatian Tuhan yang tidak akan membiarkan kita dan tidak meninggalkan kita, oleh karena itu tidak perlu kita kuatir atau kita takut dengan masa depan kita.

Namun ada juga orang-orang yang begitu gandrung dengan kekayaan dan menginginkan kekayaan itu.

Solaiman pernah berkata :

Amsal 23:4-5 Jangan bersusah payah untuk menjadi kaya, tinggalkan niatmu ini. Kalau engkau mengamat-amatinya, lenyaplah ia, karena tiba-tiba ia bersayap, lalu terbang ke angkasa seperti rajawali.

Solaiman juga berkata :

Amsal 10:22 Berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya.

Jadi Salomo sangat berpengalaman dalam kekayaan ini, karena dia adalah raja Israel yang paling kaya dan dia juga seorang yang paling berhikmat.

Tuhan berkata bahwa tidak ada lagi dan sebelum dia tidak ada manusia yang memiliki hikmat yang Tuhan anugerahkan kepadanya, begitu juga dengan kekayaan.

Saudara, marilah kita percaya pada firman Allah dan melakukan apa yang Allah perintahkan dan katakan, maka kita akan diberkati oleh Tuhan.

Tuhan sendiri yang akan menolong kita supaya kita bisa mendapatkan seluruh kebutuhan kita, dan karena Tuhan sangat mengasihi kita, maka Dia akan mengajar kita untuk memperoleh uang yang seharusnya kita punya.

Tuhan menyediakan semua kebutuhan burung-burung dan semua pepohonan di ladang.

Oleh karenanya maka bersyukurlah dengan apa yang ada dan kelolalah semua milik kita, sehingga Tuhan yang akan memberkati kita, sesuai dengan firman-Nya, dan janji-Nya.

Jangan menjadi hamba uang, yang menyebabkan seseorang menjadi sering gelap mata untuk mendapatkan uang, segala macam cara dibuat untuk menghasilkan uang, Tuhan katakan :

I Timotius 6:8-10 Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah. Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan manusia, ke dalam keruntuhan dan kebinasaan. Karena akar segala kejahatan ialah cinta akan uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.

Nah saudara, mari kita memuji Tuhan, karena Tuhan telah menyediakan semua kebutuhan kita, asal ada makanan cukuplah, maka yang lain akan TUHAN YESUS sediakan, HALELUYA, PUJI TUHAN, AMEN!

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Siapakah yang disebut seorang hamba uang?