Renungan Harian Kita
Penulis : Pdt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : YOHANES 12:27-33

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang menjadi tujuan Yesus datang ke dunia ini?
  2. Suara apa yang didengar oleh orang-orang di sekitar Yesus ketika Yesus berkata : “Bapa, muliakanlah namaMu?”
  3. Suara itu terdengar karena apa? Suara itu untuk Yesus atau untuk orang banyak?
  4. Bagaimana caranya Yesus akan  mati?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, Yesus adalah Allah 100% dan juga Dia manusia 100%.

Yesus adalah Allah yang menjadi manusia, Dia adalah anak dari perempuan yang akan berperang melawan iblis dan Kerajaan Maut.

Allah sendiri menyatakan di taman Eden bahwa :

KEJADIAN 3:15 ”Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dengan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya.”

Jadi sejak dosa terjadi di taman Eden, Allah telah mengungkapkan apa yang DIA rencanakan untuk menyelesaikan dosa itu.

Dosa menyebabkan dunia ini rusak, manusia menjadi jahat dan selalu memberontak kepada Allah, dan tidak ada orang yang mencari Allah. Firman Tuhan dengan jelas dinyatakan oleh rasul Paulus :

ROMA 3:1-16 Seperti ada tertulis : ”Tidak ada yang benar, seorangpun tidak. Tidak ada seorangpun yang berakal budi, tidak ada seorangpun yang mencari Allah. Semua orang telah menyeleweng, mereka semua tidak berguna, tidak ada yang berbuat baik seorangpun tidak. Kerongkongan mereka seperti kubur yang ternganga, lidah mereka merayu-rayu, bibir mereka mengandung bisa. Mulut mereka penuh dengan sumpah serapah. Kaki mereka cepat untuk menumpahkan darah. Keruntuhan dan kebinasaan mereka tinggalkan di jalan mereka, dan jalan damai tidak mereka kenal, rasa takut kepada Allah tidak ada pada orang itu.”

Karena itu maka Allah berbelas kasihan dan dengan rela mengaruniakan Putra tunggal-Nya :

YOHANES 3:16-17 “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.”

Jadi tujuan kedatangan Yesus adalah untuk menyelamatkan dunia dan Dia datang sebagai JURU SELAMAT DUNIA, dan YESUS datang sebagai DOMBA PASKAH ALLAH, yang akan dikorbankan di atas kayu salib.

Jadi itulah sebabnya Yesus pernah berkata tentang tujuan kedatangan-Nya :

MATIUS 5:17-18 Janganlah kamu menyangka bahwa Aku datang untuk meniadakan hukum Taurat atau kitab para nabi. Aku datang bukan untuk meniadakannya, melainkan untuk menggenapinya.

Karena Aku berkata kepadamu : Sesungguhnya selama belum lenyap langit dan bumi ini, satu iota atau satu titik pun tidak akan ditiadakan dari hukum Taurat sebelum semuanya terjadi Yesus sudah hidup dengan tuntunan hukum Taurat dan Dia datang untuk meluruskan juga aturan yang didasarkan dengan hukum Taurat, dan karena itu Yesus meluruskan aturan mengenai hari Sabath, hukum zinah, tentang persepuluhan, kemudian hukum kasih yang terkandung dalam hukum Taurat, hukum perceraian, dan lain-lain.

Yesus menyimpulkan hukum Taurat dan kitab para nabi : 

MATIUS  22:38-40 Jawab Yesus kepadanya : “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu, dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah : Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.”

Dalam kesalehan-Nya dan ketaatan-Nya kepada Bapa-Nya dia dituduh sebagai PENYESAT, MERUSAK TAURAT, tidak takut akan Allah dan tidak menghargai  hukum Sabath.

Oleh tuduhan itu maka orang-orang Farisi dan para imam memutuskan bahwa Yesus harus dihukum, dan mereka memutuskan bahwa Yesus harus dibunuh.

Yesus ditangkap dan diadili oleh Imam besar Kayapas, Pontius Pilatus dan raja Herodes.

Yesus dibunuh dengan disalibkan oleh tentara Romawi.

Karena kematian dengan disalibkan ini maka cita-cita TUHAN ALLAH di EDEN terlaksana dengan KEMATIANNYA, MAKA tugas KEMESIASANNYA TERLAKSANA, YESUS SEBAGAI DOMBA PASKAH ALLAH, TEREALISIR, DARAH YESUS MENGHAPUS SEMUA DOSA DUNIA INI.

Dengan PENINGGIAN DI SALIB INI, YESUS DAPAT MENARIK SEMUA ORANG DATANG KE PADA-NYA.

HALELUYA, PUJI TUHAN, AMEN.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Bagaimana caranya Yesus memenangkan dunia ini dan menjadikan semua bangsa menjadi murid-Nya?