Renungan Harian Kita
Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : MATIUS 5:13-16

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang terjadi bila garam menjadi tawar?
  2. Selain menjadi garam seperti apa kita diumpamakan?
  3. Di mana seharusnya diletakkan pelita?
  4. Mengapa terang umat Tuhan harus bercahaya didepan semua orang?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Menjadi garam dan terang adalah ilustrasi yang diberikan oleh Yesus kepada kita sebagai murid-muridNya.

Kedua benda ini memiliki karakter yang berbeda namun memiliki dampak yang sangat penting bagi kehidupan, bila garam adalah benda yang tidak terlihat namun terasa sebaliknya terang adalah benda terlihat.

Sesuai dengan fungsinya suatu sumber cahaya seperti lampu berfungsi untuk menerangi suatu area sehingga orang dapat melihat benda-benda yang ada di area yang terang tersebut.

Area yang dapat diterangi tergantung dua hal, pertama kekuatan cahaya lampu tersebut dan kedua posisi lampunya, kedua hal adalah penting.

Bila suatu lampu hanya terang tetapi diletakkan dibawah maka tidak akan pernah dapat menerangi banyak area, begitu juga sebaliknya bila lampu diletakkan diatas dan tinggi tetapi tidak memiliki cahaya yang terang maka area dibawahnya tetap terasa kegelapannya.

Sebagai murid Kristus yang diberi amanat untuk menajdi terang maka kita perlu memperhatikan 2 hal yang disebutkan dalam perikop hari ini, terang yang bercahaya dan diletakkan di atas bukan dibawah gantang.

Terang yang bercahaya mengingatkan akan karakter Kristus atau buah Roh yang berbuah lebat dalam kehidupan kita yang memberkati orang disekitar, sementara diletakkan diatas mengingatkan akan posisi dan tanggung jawab yang Tuhan percayakan.

Bila Tuhan mempercayakan kita pada posisi sebagai kepala maka kita memiliki kesempatan untuk memberkati banyak orang, namun pastikan terang kita tidak redup.

Tuhan mempersiapkan jemaatNya untuk semakin menjadi berkat dan semakin besar area tanggung jawab  yang diberikan, hal ini dilakukan agar hidup kita terus bertumbuh dan semakin menjadi serupa dengan Kristus untuk memuliakan Bapa.

Jadi baiklah kita merenungkan kembali bagaimana perjalanan kehidupan kita di dalam Tuhan, apakah terang itu semakin bercahaya?

Apakah semakin besar tanggung jawab yang Tuhan percayakan?

Bersyukurlah bila demikian, bila tidak maka kita perlu merenungkan kembali panggilanNya dalam hidup kita untuk menjadi terang.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan ?

diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.