Renungan Harian Kita
Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : YOHANES 16:12-15

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Mengapa Yesus mengatakan bahwa masih banyak hal yang belum bisa Dia sampaikan?
  2. Apa yang terjadi ketika Roh Kebenaran itu datang?
  3. Apakah Roh Kebenaran berkata-kata dari diriNya sendiri?
  4. Apakah Roh Kebenaran akan senantiasa memuliakan Yesus?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

“Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.”

Salah satu fungsi kehadiran Roh Kudus atau Roh Kebenaran dalam hidup kita adalah memimpin kita dalam seluruh kebenaran.

Ada banyak “kebenaran” palsu yang diberikan oleh dunia ini, tetapi Roh Kebenaran akan mengarahkan kita kepada kebenaranNYa, kebenaran yang sejati.

Kebenaran yang diterima oleh orang percaya tidak dapat langsung diterima seluruhnya, Yesus sendiri mengatakan bahwa kita tidak dapat menanggung seluruhnya saat ini, Roh Kebenaran akan memimpin kita dari hari ke hari kepada kebenaran demi kebenaran.

Seperti makanan jasmani demikian juga kebenaranNya harus kita terima hari demi hari sehingga kita bertumbuh dalam kebenaran dibawah pimpinan Roh Kudus.

Itulah sebabnya mengapa kita harus selalu mengalami persekutuan pribadi dengan Roh Kebenaran setiap hari bukan setiap minggu.

Pada dasarnya kebenaran yang disampaikan oleh Roh Kudus berasal dari Bapa dan Yesus seperti yang dikatakan dalam Firman hari ini : “Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku. Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.” 

Jadi kebenaran demi kebenaran yang kita terima akan selalu memuliakan Bapa dan tidak pernah memuliakan manusia.

Hal inilah yang selalu harus kita ingat agar kita tidak disesatkan.

Seluruh kebenaran sejati selalu akan konsisten dengan kebenaran Firman Tuhan yang tertulis, kebenaran-kebenaran itu selalu mengarah kepada kemuliaanNya dan penggenapan rencanaNya.

Bagaimana dengan kondisi saudara saat ini?

Mari kita renungkan bersama, apakah Roh Kebenaran yang didatangkan Bapa secara khusus untuk kita telah kita ijinkan untuk memimpin kita setiap hari?

Ataukah kita dipimpin oleh kebenaran-kebenaran dari pikiran kita sendiri yang berasal dari berbagai informasi dunia yang kita dengar dan baca setiap hari?

Roh Kebenaran rindu memimpin kita untuk membawa kita kepada kebenaranNya dan pastikan bahwa semuanya itu senantiasa memuliakan Yesus sehingga membawa banyak orang datang kepadaNya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan?

diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.