Renungan Harian Kita
Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : GALATIA 5:22-25

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang dimaksud dengan buah Roh dalam perikop yang kita baca hari ini?
  2. Apakah hukum menentang hal-hal yang disebutkan sebagai buah Roh tersebut? Mengapa?
  3. Apa yang seharusnya terjadi dengan milik Kristus?
  4. Apabila kita hidup oleh Roh maka bagaimana seharusnya hidup kita?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Pimpinan Roh Kudus dalam hidup orang percaya tidak hanya menghasilkan kuasa, otoritas ilahi dan manifestasi karunia roh tetapi juga seharusnya buah Roh yang dapat dinikmati oleh orang-orang di sekitar kita.

Kisah para rasul tidak hanya berbicara mengenai bagaimana kuasa Tuhan dimanifestasikan ketika murid-murid memberitakan injil Kerajaan Allah, namun juga menceritakan bagaimana murid-murid Kristus dibentuk dalam penderitaan dan aniaya pada masa itu.

Kita lihat kesaksian Paulus berikut: “ Lima kali aku disesah orang Yahudi, setiap kali empat puluh kurang satu pukulan, tiga kali aku didera, satu kali aku dilempari dengan batu, tiga kali mengalami karam kapal, sehari semalam aku terkatung-katung di tengah laut. Dalam perjalananku aku sering diancam bahaya banjir dan bahaya penyamun, bahaya dari pihak orang-orang Yahudi dan dari pihak orang-orang bukan Yahudi; bahaya di kota, bahaya di padang gurun, bahaya di tengah laut, dan bahaya dari pihak saudara-saudara palsu. Aku banyak berjerih lelah dan bekerja berat; kerap kali aku tidak tidur; aku lapar dan dahaga; kerap kali aku berpuasa, kedinginan dan tanpa pakaian,” (2 Korintus 11:24-27). 

Kisah ini memperlihatkan sekalipun mereka memiliki kuasa, senantiasa berdoa dan berjerih lelah untuk Kerajaan Allah namun Tuhan mengijinkan segala penderitaan dialami oleh Paulus.

Paulus menyadari bahwa segala peristiwa yang dialaminya membentuk hidupnya dan memanifestasikan buah Roh dalam kehidupan pelayanannya.

Tidak sedikit orang-orang percaya mundur dan bahkan menghindar dari pelayanan karena gesekan dan perasaan teraniaya yang dirasakannya.

Kekecewaan dan sakit hati karena tidak dapat menerima kenyataan yang ada.

Bila Paulus kecewa dengan Tuhan karena disesah, dipukul, kelaparan dan sebagainya serta meninggalkan imannya maka sudah pasti kita tidak pernah melihat tulisan Paulus, pagi ini kita bisa membaca surat Paulus karena Paulus memutuskan untuk terus melayani dipimpin Roh.

Buah Roh dalam hidup Paulus bertumbuh ketika mengalami berbagai penderitaan, kondisi yang tidak menyenangkan membuat kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri berbuah dalam hidupnya.

Bagaimana dengan kehidupan kita?

Kita harus menyadari bahwa karunia yang hebat dan luar biasa, namun tanpa buah Roh dimanifestasikan dalam hidup kita sesungguhnya kita tidak pernah menghasilkan apa-apa dalam pelayanan.

Saudara, banyak orang-orang yang mungkin tidak terkenal dalam pelayanan namun mereka memanifestasikan buah Roh sehingga banyak orang datang dalam Kerajaan Allah karena kesaksian hidupnya, orang-orang ini adalah murid-murid Kristus sejati.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan?

Diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.