Renungan Harian Kita
Penulis : Pramadya Wisnu

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : YEREMIA 29:10-13

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Berapa lama orang Israel dalam masa pembuangan di Babel?
  2. Apa yang Allah janjikan setelah orang Israel kembali ke Yerusalem?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Oleh karena dosa dan pelanggaran yang dilakukan oleh raja-raja Yehuda, akhirnya Allah menyerahkan raja Israel Yoyakim dan penduduk Yerusalem ke tangan raja Nebukadnezar.

Mereka tinggal dalam pembuangan di Babel selama tujuh puluh tahun, sebelum akhirnya Allah membawa mereka kembali ke Yerusalem, yaitu pada jaman raja Kores, raja Persia.

Janji Tuhan bagi umat Israel: Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan. (Yeremia 29:11).

Dan kemudian terbukti bahwa janji Tuhan tersebut tergenapi pada masa pemerintahan raja Kores, seorang raja Persia yang Tuhan pakai untuk memberkati orang-orang Israel.

Jika Allah berkehendak, Dia bisa memakai siapa saja untuk memberkati Israel.

Dan ini juga berlaku bagi kita “Israel-Israel rohani”, umat Tuhan yang sudah ditebus oleh darah Kristus.

Rancangan damai sejahtera yang sama, juga bisa berlaku bagi kita, jika kita mau percaya dan memohon agar janji yang sama terjadi dalam hidup kita.

Tuhan mampu misalnya memakai “Kores-Kores di market place saat ini” untuk menjadi saluran berkat bagi umat Tuhan.

Kores masa kini bisa saja itu adalah bos di kantor, untuk menjadi saluran berkat, misalnya dengan mempromosikan umat Tuhan menjadi manajer, menjadi direktur atau bentuk-bentuk promosi lainnya.

Jadi, janji Firman Tuhan itu bukan berlaku otomatis, janji Firman Tuhan itu bisa kita renungkan hingga itu menjadi Rhema, menjadi janji pribadi dari Tuhan bagi kita.

Dengan demikian janji Tuhan bagi Israel yang ada dalam pembuangan, itu juga bisa menjadi janji Tuhan bagi kehidupan kita di masa kini: … yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Saudara, dalam kelompok pemuridan, diskusikan apakah ada di antara kalian yang membutuhkan intervensi Tuhan yang luar biasa untuk situasi sulit yang sedang dialami saat ini.

Kalau ada, doakan agar janji Tuhan di Yeremia 29:11 ini bisa terjadi dalam kehidupan.