Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : KOLOSE 2:8-15

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Kolose 2:8.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Menurut saudara ajaran-ajaran apakah yang tidak menurut ajaran Kristus?
  2. Bagaimanakah sikap kita terhadap ajaran-ajaran tersebut?
  3. Apakah yang harus kita pahami tentang Yesus dan apa yang diperbuat-Nya bagi kita sehingga kita memiliki dasar keyakinan yang tidak tergoyahkan?
  4. Apakah yang telah Tuhan Yesus lakukan bagi kehidupan kita?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Yesus pernah menasehatkan murid-murid-Nya agar mereka waspada terhadap ajaran-ajaran palsu.

“Jawab Yesus kepada mereka: “Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu!” (Matius 24:4).

Demikian juga nasehat Rasul Paulus kepada jemaat-jemaat yang dilayaninya, supaya jangan ada orang yang menyesatkan mereka.

Hal serupa juga nasehat Rasul Yohanes: “Anak-anakku, janganlah membiarkan seorang pun menyesatkan kamu. Barangsiapa yang berbuat kebenaran adalah benar, sama seperti Kristus adalah benar;” (I Yohanes 3:7).

Penyesatan akan terjadi pada hari-hari terakhir namun kita harus berhati-hati dan waspada.

Hal-hal yang harus kita bangun dengan kokoh dan kuat adalah dasar keyakinan kita terhadap Yesus dan apa yang Yesus telah perbuat bagi kita ketika Dia mati di kayu salib.

Dan dasar keyakinan ini karena diwahyukan oleh Roh Kudus kepada kita dan dasar keyakinan itulah yang menyebabkan kita tidak diombang-ambingkan oleh ajaran-ajaran palsu.

Dasar keyakinan itu adalah Kristus hidup di dalam diri kita dan kita telah mati bagi dosa dan sekarang hidup oleh kebangkitan Yesus akibatnya kita telah dibenarkan oleh Yesus Kristus.

Tuhan sedang membawa kita untuk mengalami kepenuhan Kristus supaya kita dapat menikmati kemenangan atas dosa, kelemahan, sakit penyakit juga atas maut dan kuasa iblis dengan demikian kita selalu mengalami realita kehadiran Tuhan dimana pun kita berada, akibatnya iblis tidak lagi bisa atau dapat menyesatkan kita karena kita memiliki dasar keyakinan yang kuat tentang Yesus Kristus.

Tuhan akan membawa kita untuk mengalami pewahyuan tentang Yesus dan apa yang dibuat-Nya di kayu salib seperti yang dialami oleh Rasul Petrus dalam Matius 16:15-16: “Lalu Yesus bertanya kepada mereka: “Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?”Maka jawab Simon Petrus: “Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!”

Dengan pemahaman yang benar tentang Yesus maka kita tidak mudah disesatkan oleh dunia ini.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Diskusikan dalam komunitas saudara bagaimana saudara bersikap hati-hati dan waspada terhadap ajaran-ajaran sesat.