Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : YOHANES 8:30-36

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Yohanes 8:31-32.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah akibatnya bagi kita jika kita tetap dalam Firman Tuhan?
  2. Apakah yang akan kita alami jika kita mengetahui kebenaran demi kebenaran Firman Tuhan?
  3. Kemerdekaan seperti apakah yang kita alami karena memahami kebenaran Firman Tuhan sesuai dengan Yesaya 32:17?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Yesus mengajarkan kepada kita agar tetap dalam Firman-Nya sehingga kita akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kita.

Jadi untuk mengetahui dan memahami kebenaran maka kita harus tetap dalam Firman Tuhan.

Beberapa hal yang perlu kita lakukan agar tetap dalam Firman Tuhan adalah dengan merenungkan dan memperkatakan Firman Tuhan seperti dalam Yosua 1:8: “Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.”

Kemudian kita juga harus menyukai Firman Tuhan.

Tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.” (Mazmur 1:2).

Kita juga harus memegang, memelihara Firman Tuhan sehingga kita mengerti kebenaran Tuhan.

“Buatlah aku mengerti, maka aku akan memegang Taurat-Mu; aku hendak memeliharanya dengan segenap hati.” (Mazmur 119:34).

Selain itu kita harus melakukan kebenaran Firman Tuhan.  

“Telah kucondongkan hatiku untuk melakukan ketetapan-ketetapan-Mu, untuk selama-lamanya, sampai saat terakhir.” (Mazmur 119:112).

Dengan sikap hati dan tindakan yang benar terhadap Firman Tuhan maka setiap kali kita berjumpa dengan Firman Tuhan membuat kita memahami jati diri kita seperti yang Firman Tuhan katakan sehingga kita terus menerus dimerdekakan.

Dengan demikian pikiran dan perasaan kita dicetak ulang menjadi manusia baru dan kemerdekaan yang kita terima akan membawa hidup kita serupa dengan Yesus Kristus sehingga kita senantiasa menikmati damai sejahtera, sukacita dan ketenangan dalam Tuhan.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Diskusikan dalam komunitas saudara bagaimana saudara membangun kehidupan yang tetap tinggal dalam Firman Tuhan sampai saudara mengalami kemerdekaan dalam segala hal karena mengetahui kebenaran.