Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : YOHANES 16:13-15

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Yohanes 16:13.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Disebut sebagai apakah pribadi Roh Kudus yang diutus oleh Bapa?
  2. Sebagai apakah peranan Roh Kudus dalam kehidupan kita?
  3. Dari manakah Roh Kudus memperoleh kebenaran yang sejati itu?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Dalam Yohanes 14:6, Yesus menyatakan bahwa Dia adalah kebenaran.

Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”

Tetapi walaupun Yesus sudah naik ke surga, kebenaran dari Yesus harus tetap akan dinyatakan kepada gereja dan dunia ini.

Itulah sebabnya Roh Kudus diutus oleh Bapa agar Roh Kudus memimpin kita kepada seluruh kebenaran, karena Roh Kudus tidak berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya dari Yesus, itulah yang dikatakan-Nya.

Dan Roh Kudus akan memuliakan Yesus, sebab Roh Kudus akan memberitakan kepada kita apa yang diterima-Nya daripada Tuhan Yesus.

Oleh karena itu kebenaran dari Yesus akan tetap dinyatakan bagi kita bahkan Roh Kudus akan memimpin kita ke dalam seluruh kebenaran yang berarti akan memimpin kita kepada pengenalan akan Yesus dan hidup seperti Yesus.

Hal tersebut pernah dinyatakan oleh Rasul Paulus dalam Efesus 3:18-19: “Aku berdoa, supaya kamu bersama-sama dengan segala orang kudus dapat memahami, betapa lebarnya dan panjangnya dan tingginya dan dalamnya kasih Kristus, dan dapat mengenal kasih itu, sekalipun ia melampaui segala pengetahuan. Aku berdoa, supaya kamu dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah.”

Ketika Roh Kudus memimpin kita dalam seluruh kebenaran maka kita mengalami kemerdekaan yang sempurna dalam pengenalan akan Tuhan, dibebaskan dari roh-roh dunia yang menipu dan memperdaya kehidupan kita sehingga kita tidak mengalami kemajuan secara rohani dan kehidupan sehari-hari.

Bergaulnya kita dengan Roh Kudus dapat membuat kita mengalami bagaimana Roh Kudus akan menolong kita memahami seluruh kebenaran yang sejati yaitu Yesus Kristus.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Diskusikan dalam komunitas saudara bagaimana kerohanian dan kehidupan saudara sehari-hari dibawa Roh Kudus kepada seluruh kebenaran.