Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : HABAKUK 2:12-15

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Habakuk 2:14.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah yang akan dialami oleh bangsa-bangsa yang tidak mengenal Tuhan?
  2. Apakah janji Tuhan terhadap mereka yang ada di bumi?
  3. Menurut pendapat saudara bagaimanakah caranya hal tersebut dapat digenapi?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Tuhan, itulah sebabnya mereka menjauhi persekutuan dengan Tuhan, sehingga mereka hidup makan minum, kawin dan mengawinkan seperti di zaman Nuh.

Demikian juga di zaman Yesaya, orang-orang hidup dengan najis bibir, terjadi penyesatan dimana-mana, peperangan bangsa melawan bangsa, kerajaan melawan kerajaan, terjadi kelaparan dan gempa bumi, terjadi kedurhakaan sehingga kasih kebanyakan orang menjadi dingin.

Bumi sudah menjadi rusak karena sikap manusia yang menentang Tuhan, terjadi pembunuhan, pemerkosaan, pelecehan terhadap sesama, korupsi, pemberontakan dan saling membenci.

Tetapi Tuhan berjanji bahwa bumi yang sudah rusak ini akan penuh dengan pengetahuan tentang kemuliaan Tuhan.

Berarti hal-hal buruk yang terjadi atas bumi akibat perlakuan manusia akan diganti dengan pengenalan akan Tuhan.

Ada beberapa hal yang Tuhan akan lakukan diatas muka bumi ini diantaranya:

pertama, Tuhan akan mencurahkan Roh-Nya atas semua orang di muka bumi sehingga manusia memiliki rasa takut akan Tuhan dan mau beribadah kepada Tuhan, sehingga manusia mengenal Tuhan;

kedua, Tuhan akan mengirimkan Firman-Nya bagi dunia ini sehingga manusia menyadari akan keberadaan mereka dan keberadaan Tuhan yang membuat mereka membutuhkan Tuhan dan datang kepada Tuhan.

Adapun Aku, inilah perjanjian-Ku dengan mereka, firman TUHAN: Roh-Ku yang menghinggapi engkau dan firman-Ku yang Kutaruh dalam mulutmu tidak akan meninggalkan mulutmu dan mulut keturunanmu dan mulut keturunan mereka, dari sekarang sampai selama-lamanya, firman TUHAN.” (Yesaya 29:21); dan yang

ketiga adalah bangkitnya gereja Tuhan untuk memberitakan kasih Tuhan sehingga bumi ini penuh dengan pengenalan akan Tuhan.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana saudara bertindak agar bumi ini penuh dengan kemuliaan Tuhan!