Renungan Harian Kita
Penulis : Pdt. Saul Rudy Nikson

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : YOHANES 14:24-27

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang dimaksud segala sesuatu?
  2. Apakah Roh Kudus dapat mengajarkan hal-hal yang terkait pengetahuan?
  3. Apakah Roh Kudus dapat mengajarkan masalah bisnis/usaha/pekerjaan?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, murid-murid tentu saja kuatir dan gelisah setelah Tuhan Yesus menyampaikan kepada mereka penderitaan seperti apa yang harus dialami.

Murid-murid tentu bingung dengan pernyataan Yesus bahwa Dia akan pergi ke tempat Bapa dan terlebih baik Dia pergi ke tempat Bapa supaya Roh Kudus dicurahkan.

Oleh karena itu, mengawali pasal 14, Yohanes mencatat nasihat Tuhan Yesus “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.

Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu.

Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu”.

Murid-murid tentu saja bingung dengan tugas mereka ke depan setelah Tuhan Yesus naik ke surga.

Tidak ada seorangpun yang berpengalaman untuk merintis jemaat yang dijanjikan Tuhan Yesus dalam Matius 16:18 “Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya”.

Tidak seorangpun yang punya pengalaman mengorganisir sebuah jemaat, mendidik jemaat, mengembangkan misi, membangun pengajaran dan sebagainya.

Oleh karena itu, Tuhan Yesus menjanjikan Roh Kudus akan mengajarkan mereka segala sesuatu yang dibutuhkan untuk melaksanakan amanat agung, memperluas pengaruh kerajaan Allah ke seluruh dunia.

Saudara, ketika Tuhan memberikan tugas kepada kita, yang mungkin kita belum berpengalaman melakukannya, percayalah bahwa Roh Kudus akan menolong kita untuk mengetahui segala sesuatu yang dibutuhkan untuk tugas tersebut.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Diskusikan dalam kelompok PA saudara, bagaimana cara Roh Kudus mengajarkan segala sesuatu.