Renungan Harian Kita
Penulis : Pdt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : 1 TESALONIKA 5:23-28

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Siapa yang menguduskan orang percaya kepada firman Allah?
  2. Apa tujuan pemulihan orang percaya dihadapan TUHAN ALLAH?
  3. Siapa yang akan menyempurnakan orang percaya?
  4. Kepada siapa rasul Paulus meminta supaya rombomgan pelayanannya didoakan?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, ketika kita percaya pada Yesus maka TUHAN ALLAH, BAPA YESUS KRISTUS, memeterai kita dengan ROH-NYA untuk menjadi tanda bahwa KITA ADALAH MILIK-NYA.

Manusia-manusia milik YESUS KRISTUS ini adalah orang-orang yang hidup dalam masyarakat.

Sebagai anggota masyarakat, mereka adalah orang-orang yang memiliki kehidupan, sama seperti masyarakat lainnya.

Namun kehidupan orang percaya dengan orang tidak percaya akan sangat berbeda, masyarakat akan melihat perbedaan itu, mengapa?

Kehidupan orang percaya yang hidup oleh ROH KUDUS, akan memiliki BUAH ROH KUDUS, yang bisa dilihat, dirasakan bahkan mungkin dapat dinikmati oleh orang-orang yang tidak percaya dan hidup di sekitarnya.

Buah ROH itu Galatia 5:22-23 ”Tetapi buah Roh ialah : kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.”

Buah Roh itu dapat dilihat dirasakan oleh orang-orang yang berada di sekitar orang yang hidup oleh Roh Kudus, TUHAN YESUS akan dimuliakan oleh orang-orang yang merasa diuntungkan oleh hidup orang percaya yang hidup oleh Roh Kudus, mereka kan memuji kekristenan yang kita anut.

Saudara, sejak semula TUHAN ALLAH, BAPA YANG DI SURGA, menginginkan supaya manusia itu menjadi gambaran PUTRA TUNGGALNYA, YESUS KRISTUS.

Roma 8:29 ”Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara.”

Yehezkiel 36:25-27 ”Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu; dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu Aku akan mentahirkan kamu. Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. Roh-Ku akan Ku berikan diam dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-ketetapanKu dan tetap berpegang pada peraturan-peraturanKu dan melakukannya.”

Kita baca bagaimana TUHAN ALLAH itu sendiri yang akan melakukannya dari dalam batin kita, maka rasul Paulus dapat menuliskan ayat-ayat firman Tuhan yang sesuai dengan janji Tuhan itu, TUHAN ALLAH yang SETIA itu akan juga melakukannya melalui ROH KUDUSNYA dari dalam batin kita orang percaya saat ini :

I Tesalonika 5:23 “Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita. Ia yang memanggil kamu adalah setia, Ia juga akan menggenapinya.”

Saudara, dari beberapa ayat di atas maka kita tahu bagaimana TUHAN ALLAH, BAPA YESUS KRISTUS, YANG SETIA ITU, akan melakukan semua KEHENDAKNYA sesuai dengan RENCANANYA.

Oleh karena itu hendaklah kita mau dengan RELA MENYERAHKAN HIDUP KITA DIPIMPIN OLEH ROH-NYA.

HALELUYA, PUJI TUHAN, AMEN.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Mengapa ada orang yang percaya kepada Yesus, namun hidup dalam dunia judi, preman, mabuk-mabukan, prostitusi, LGBT, dll.

Bagaimana jalan keluarnya, supaya mereka bebas dari kehidupn yang sengsara itu?