Renungan Harian Kita
Penulis : Pdt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : YOHANES 15:1-8

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Siapakah Bapa digambarkan dalam perumpamaan ini?
  2. Apa yang dilakukan oleh Bapa ketika ranting mulai berbuah?
  3. Apakah yang SUDAH murid alami oleh karena mereka telah menerima Firman yang dikatakan oleh YESUS KRISTUS?
  4. Apa ciri utama dari seseorang yang disebut murid YESUS?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, Yesus membuat suatu perumpamaan untuk menggambarkan hubungan murid-murid atau orang yang percaya dengan YESUS KRISTUS, itu bagaikan POHON ANGGUR dan murid-muridNya adalah ranting-ranting dari pohon anggur itu.

Ranting pohon sudah pasti harus terus melekat dan berhubungan dengan pohon, sehingga ketika pohon itu menghisap makanan dari dalam tanah, maka makanan itu akan di sebarkan ke seluruh pohon maka, semua ranting yang melekat hidup menempel pada pohon, maka ranting itu akan bertumbuh menghasilkan bunga dan bunga akan berubah bertumbuh menjadi buah ponon itu.

Yesus juga berfirman melalui Roh Kudus ditulis oleh rasul Paulus dalam :

Kolose 2:6-7 “Kamu telah menerima Kristus Yesus Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia. Hendaklah kamu berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia, hendaklah kamu bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepadamu, dan hendaklah hatimu melimpah dengan syukur.”

Jadi jelas bahwa seseorang yang terus tinggal terhubung dengan Yesus Kristus, akan semakin berakar untuk semakin banyak mendapatkan makanan tapi akar juga menjadi organ yang sangat berarti untuk menjadikan pohon bisa atau mampu berdiri kokoh karena akarnya kuat.

Hubungan yang bagus itu juga menyebabkan pohon itu bertumbuh ke atas dengan baik dan bertumbuh dengan banyak ranting dan bertumbuh memiliki cabang-cabang pohon dan pada cabang-cabang pohon itu, tumbuh ranting-ranting yang ditumbuhi oleh daun-daun, bunga dan bunga akan berubah menjadi buah.

Jadi pertumbuhan dan perkembangan pohon sangat ditunjang oleh akar yang menyedot air dan sari makanan tanaman dari dalam tanah dan pohon bertumbuh dan berkembang oleh suplai makanan dari akar oleh cabang dan ranting menuju daun-daun sebagai tempat di mana mineral-mineral dari dalam tanah dibawa oleh air di olah dalam daun untuk terjadi asimilasi oleh bantuan matatahari menjadikan air dan mineral-mineral diubahkan menjadi zat yang menyebabkan pohon itu tumbuh yaitu zat-zat yang disebut KARBOHIDRAT dan adanya hasil zat gas O2 atau oksigen yang sangat berguna bagi makhluk lain terutama manusia.

Untuk membantu pernapasan makhluk lain, manusia, hewan-hewan dan juga tumbuhan.

Seseorang yang memiliki hubungan yang intim dengan Allah melalui Roh-Nya maka akan bertumbuh lebat dan akan berbuah lebat, sehingga kehidupan orang itu akan menarik buat banyak orang dan banyak orang merasa beruntung hidup bersama atau hidup bertetangga dengan murid-murid YESUS yang INTIM DENGAN BAPA MELALUI ROH KUDUS.

Yohanes 15:7-8 ”Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya. Dalam hal ini Bapa-Ku dipermuliakan, yaitu jika kamu berbuah banyak dan dengan demikian kamu adalah murid-murid-Ku.”

Ketika seorang percaya yang memiliki hubungan yang baik dengan TUHAN ALLAH, BAPA YESUS KRISTUS, MELALUI ROH KUDUS, maka dia akan hidup berkelimpahan dan sangat memberkati orang-orang di sekitarnya, sehingga mereka dapat memuliakan ALLAH BAPA, dan mereka akan tahu bahwa kita adalah murid-murid Yesus, dari buahnya orang mengenal pohonnya.

HALELUYA, PUJI TUHAN, AMEN!

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Apa yang menyebabkan orang tahu bahwa kita murid-murid YESUS?