Renungan Harian Kita
Penulis : Pdt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : ROMA 8:14-17

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Siapakah yang disebut anak-anak Allah?
  2. Apa yang membuat seseorang jadi penakut?
  3. Mengapa kita dapat menyebut Allah dengan sebutan Bapaku?
  4. Apa hak seorang anak Allah?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, ketika kita percaya kepada berita keselamatan kita yaitu INJIL YESUS KRISTUS, maka TUHAN ALLAH mengaruniakan ROH KUDUS-NYA diam di dalam kita, sebagai meterai bahwa kita adalah milik-Nya.

Roh Kudus Allah itu juga akan mengarahkan kita sesuai dengan kehendak-Nya jika kita mau menyerahkan diri kita kepada-Nya.

Nah inilah persoalan banyak orang percaya, mereka tidak percaya dan tidak menyadari KEHADIRAN ALLAH di dalam hidupnya, sehingga ada begitu banyak orang percaya tidak mengalami perubahan dalam hidupnya setelah dia mengalami kelahiran barunya, bahkan apa yang dikatakan oleh firman seolah-olah tidak benar karena orang percaya itu hidup sama seperti dia hidup sebelumnya, tidak ada perubahan apa-apa.

II Korintus 5:17 “Jadi siapa yang ada di dalam KRISTUS, ia adalah ciptaan baru : yang lama sudah berlalu sesungguhnya yang baru sudah datang.”

Mengapa orang percaya itu tidak berubah? Karena dia hidup tidak tetap di dalam Kristus.

Yohanes 8:31-32 “Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya :” Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebanran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu.”

Yohanes 14:26 “Tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus Bapa dalam nama-Ku Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.”

Roh Kudus itu yang akan mengajarkan segala sesuatu sehingga kita mengetahui KEBENARAN dan KEBENARAN itu yang akan membuat kita MERASAKAN KEMERDEKAAN, kebebasan dari ketakutan dan kekuatiran.

Kemerdekaan itu menyebabkan kita mengalami PEMULIHAN dalam kehidupan kita dan Roh Kudus dari dalam hidup kita mengubah kita menjadi ciptaan baru sesuai dengan apa yang TUHAN JANJIKAN.

Yang lalu sudah berlalu dan yang baru SUDAH DATANG, kita mengalami PEMULIHAN YANG MENGUBAHKAN KITA.

Perubahan-perubahan itu kita alami karena arahan dan pengajaran Roh Kudus dari dalam kita.

Dia menuntun dan mengarahkan kita sesuai denga apa yang Bapa ingin kerjakan atas kita orang percaya :

Roma 8:29-30 ”Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya.”

Ketika seseorang percaya kepada Yesus maka TUHAN ALLAH menginginkan orang itu akan dipulihkan dan ROH KUDUS akan mengajar dia untuk hidup sesuai denga apa yang Bapa inginkan dan Bapa melalui Roh Kudus sendiri akan terus menguduskan menyucikan dan membenarkan orang itu sehingga dia bisa menjadi BENAR dan orang benar ini akan DI MULIAKAN OLEH BAPA melalui pekerjaan ROH KUDUS dari dalam batin dan hatinya.

Sesuai denga apa yang Bapa JANJIKAN :

Yehezkiel 36:25-27 ”Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu, dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu Aku akan mentahirkan kamu. Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya.”

TUHAN ALLAH sendiri yang melakukannya dan memulihkan,menguduskan, membenarkan dan MEMULIAKAN.

HALELUYA, PUJI TUHAN. AMEN.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Mengapa ada anak-anak Tuhan, orang-orang percaya Yesus, tapi tidak mengalami perubahan dalam hidupnya?