Renungan Harian Kita
Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : YOHANES 1:9-13

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Berdasarkan perikop yang dibaca, apakah terang yang sesungguhnya sudah datang ke dunia?
  2. Siapa yang dimaksud Ia telah ada di dunia tetapi dunia tidak mengenal?
  3. Apa yang terjadi ketika Yesus datang kepada orang-orang kepunyaanNya?
  4. Siapa yang diberiNya kuasa?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Salah satu hal yang penting dalam melaksanakan tugas adalah kuasa atau otoritas.

Seorang polisi tidak dapat melaksanakan tugas untuk mengamankan masyarakat dengan menggunakan senjata api bila tidak diberi kuasa atau otoritas dari pemerintah.

Kuasa menyebabkan polisi dapat bertindak sesuai prosedur yang benar untuk menegur, menertibkan baik secara halus maupun bertindak dengan kekerasan kepada orang-orang yang tidak mengikuti peraturan yang berlaku.

Seorang polisi lalulintas bahkan punya kuasa untuk mengalihkan arus kendaraan dan semua pengguna jalan harus patuh kepada polisi tersebut, bukan karena pribadi polisi tersebut tetapi karena kuasa dari pemerintah menyertai keputusan polisi tersebut.

Demikian juga Kerajaan Allah memberikan kuasa kepada setiap orang yang percaya dalam namaNya untuk melaksanakan tugas yang diberikan Allah.

Semua mandat yang diberikan Bapa kepada anak-anakNya memerlukan kuasa agar mandat tersebut dapat terlaksana dengan sempurna.

Jadikanlah semua bangsa muridKu adalah salah satu mandat yang Bapa berikan kepada kita, tidak mungkin kita melaksanakan mandat tersebut dengan kekuatan manusia semata, kita perlu kuasa ilahi untuk membawa orang datang kepada kebenaranNya.

Ada banyak orang yang belum percaya dibelenggu oleh kuasa gelap, tidak mungkin mereka bisa melihat dan mengerti kebenaran yang kita sampaikan bila kita tidak menggunakan kuasa untuk menaklukkan benteng-benteng iblis.

“Karena senjata kami dalam perjuangan bukanlah senjata duniawi, melainkan senjata yang diperlengkapi dengan kuasa Allah, yang sanggup untuk meruntuhkan benteng-benteng. Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah. Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus,” ( 2 Korintus 10:4-5).

Saudara, Firman Tuhan hari ini mengingatkan kita bahwa kuasa itu telah diberikan kepada kita, apakah kita sudah menggunakannya untuk menggenapi panggilannya dalam hidup kita?

iblis bisa menggunakan siasat apapun agar kita tidak menggunakan kuasa yang diberikan Bapa.

Sejatinya iblis bukanlah masalah yang utama, tetapi kondisi hati dan pikiran kita adalah persoalan utama yang harus kita hadapi setiap hari.

Keinginan daging, keinginan mata dan keangkuhan hidup dapat melumpuhkan kita untuk menggunakan kuasa Tuhan bila kita tidak waspada atau bila kita telah merasa nyaman dengan kondisi saat ini.

Kuasa itu dimanifestasikan ketika kita melakukan apa yang Tuhan kehendaki.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan? diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.