Renungan Harian Kita
Penulis : Anang Kristianto

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : YOHANES 12:24-32

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang terjadi dengan biji gandum yang jatuh ke tanah dan mati?
  2. Apa yang terjadi dengan orang yang tidak mencintai nyawanya di dunia? Apa maksudnya?
  3. Bagaimana menurut Yesus pelayan yang baik dalam melayani Tuhan?
  4. Apa yang terjadi ketika Tuhan ditinggikan dari bumi?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Kehidupan jemaat gereja mula-mula memberikan sedikit gambaran kepada kita bagaimana gaya hidup pengikut Kristus pada masa itu.

Mereka adalah kumpulan orang-orang yang memberikan warna dan budaya yang berbeda pada masanya.

Setiap hari mereka bertekun dalam pengajaran para rasul, memecahkan roti bersama dan hidup dalam persaudaraan yang erat.

Pada masa itu bukanlah masa yang mudah untuk mereka bisa memberitakan injil kerajaan, pemerintah dan orang-orang Yahudi banyak yang menentang ajaran mereka.

Namun gaya hidup kumpulan orang-orang percaya ini disukai oleh banyak orang.

“Mereka bertekun dalam pengajaran rasul-rasul dan dalam persekutuan. Dan mereka selalu berkumpul untuk memecahkan roti dan berdoa. Maka ketakutanlah mereka semua, sedang rasul-rasul itu mengadakan banyak mujizat dan tanda. Dan semua orang yang telah menjadi percaya tetap bersatu, dan segala kepunyaan mereka adalah kepunyaan bersama, dan selalu ada dari mereka yang menjual harta miliknya, lalu membagi-bagikannya kepada semua orang sesuai dengan keperluan masing-masing. Dengan bertekun dan dengan sehati mereka berkumpul tiap-tiap hari dalam Bait Allah. Mereka memecahkan roti di rumah masing-masing secara bergilir dan makan bersama-sama dengan gembira dan dengan tulus hati, sambil memuji Allah. Dan mereka disukai semua orang. Dan tiap-tiap hari Tuhan menambah jumlah mereka dengan orang yang diselamatkan”. (Kisah Para Rasul 2:42-47).

Gereja yang menarik orang datang kepada Yesus terjadi justru ketika gereja dalam kondisi yang tidak nyaman, mereka mengalami penganiayaan dan penolakan oleh pemuka agama dan pemerintah.

Kondisi itu tidak membuat mereka mundur dan makin sedikit, tetapi justru tiap hari Tuhan menambah mereka dengan jumlah orang yang diselamatkan.

Pada hari-hari ini gereja Tuhan tidak mengalami penganiayaan, kita dapat bebas beribadah, berkumpul dan belajar Firman Tuhan tanpa ada yang perlu ditakuti, namun kita harus mengakui gereja tidak menarik banyak orang.

Kondisi pandemik yang membuat kita nyaman dengan ibadah online semakin membuat tidak sedikit jemaat enggan untuk hadir bersama untuk dapat bertemu dalam ibadah di gedung, bagaimana mungkin dapat menarik banyak orang bila kita sendiri enggan untuk berkumpul bersama dengan sehati bersama saudara seiman lainnya?  

Saudara, mari kita renungkan kembali fungsi kita sebagai gereja atau baitNya yang dipanggil dan diutus untuk menarik banyak orang datang kepada Yesus.

Sudahkan kita berfungsi sebagaimana panggilan yang Tuhan berikan?

Biarlah kehidupan kita menarik banyak orang untuk datang kepada Yesus.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Renungkan kebenaran Firman Tuhan hari ini, adakah yang Tuhan inginkan untuk saudara lakukan?

diskusikan dengan kelompok PA dan Persekutuan.