Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : KISAH PARA RASUL 16:4-7

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Kisah Para Rasul 16:6.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Siapakah yang mencegah Paulus dan Silas untuk memberitakan Injil di Asia?
  2. Ketika Rasul Paulus dan Silas mencoba masuk ke daerah Bitinia, apakah yang Roh Kudus lakukan untuk mereka?
  3. Menurut saudara apakah peranan dari Roh Kudus dalam perjalanan misi yang dilakukan oleh Paulus dan Silas?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Peranan Roh Kudus dalam melakukan misi pemberitaan Injil sangatlah dominan karena Roh Kudus yang tahu waktu, tempat dan cara untuk melakukan misi bagi bangsa-bangsa.

Hal ini menggenapi Firman Tuhan dalam Kisah Para Rasul 1:8: “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

Kuasa tersebut juga merupakan kemampuan untuk memahami arahan-arahan dari Roh Kudus dalam memberitakan Injil dan dalam melakukan misi untuk memperluas Kerajaan Allah.

Hal tersebut juga dialami oleh Rasul Paulus ketika dia bersama Silas menyampaikan keputusan-keputusan para rasul dan para penatua di Yerusalem dari kota ke kota, maka mereka melintasi tanah Frigia dan tanah Galatia, karena Roh Kudus mencegah untuk memberitakan Injil di Asia, namun dalam Kisah Para Rasul 19:10 ketika Rasul Paulus membangun jemaat di Efesus maka Rasul Paulus bersama jemaat di Efesus memberitakan Injil kepada penduduk Asia sehingga semua penduduk Asia mendengar Firman Tuhan.

Bahkan setibanya Rasul Paulus dan Silas di Misia dan mereka mencoba masuk ke daerah Bitinia, Roh Kudus tidak mengijinkan mereka masuk.

Dari peristiwa yang dialami oleh Rasul Paulus bersama Silas maka Allah mengajarkan kepada kita bahwa penting sekali untuk mengandalkan Roh Kudus dalam melakukan perjalanan misi sebab Roh Kudus mengerti cara, waktu dan tempat yang tepat untuk memberitakan Injil Kerajaan Allah, dengan demikian kita harus bergantung penuh dengan Roh Kudus.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana saudara mengalami arahan dan tuntunan dalam melakukan perjalanan misi!