Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : EFESUS 1:11-14

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Efesus 1:14.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Dengan siapakah kita dimeteraikan kepercayaan kita kepada Injil keselamatan menjadi hal yang sangat pasti?
  2. Selain dimeteraikan dengan Roh Kudus, jaminan apakah yang dilakukan oleh Roh Kudus bagi hidup ktia?
  3. Apakah tujuan jaminan tersebut?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Ketika kita percaya kepada Yesus sebagai Juruselamat, karena mendengar Firman Kebenaran yaitu Injil Keselamatan di dalam Yesus maka untuk tidak menjadi ragu-ragu lagi dalam keyakinan tersebut maka Allah memeteraikan kepercayaan kita tersebut dengan pribadi Roh Kudus.

Sebab dalam perjalanan hidup kita iblis mencoba untuk menggoyahkan keyakinan kita ketika kita tidak atau belum mengalami hal-hal yang Tuhan janjikan.

Itulah sebabnya Yesus mengirimkan Roh Kudus kepada kita.

“Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.” (Yohanes 14:15-17).

Dimeteraikan artinya perjanjian tersebut sah dan tidak berubah dan harus terjadi sesuai dengan kehendak Allah dan tidak berubah.

Dan Roh Kudus itu adalah jaminan bagian kita sampai kita memperoleh seluruhnya, yaitu penebusan yang menjadikan kita milik Allah di mana rupa Kristus akan semakin nyata dalam hidup kita dengan karya Roh Kudus yang selalu bekerja di dalam kehidupan kita.

Saudara-saudaraku yang kekasih, sekarang kita adalah anak-anak Allah, tetapi belum nyata apa keadaan kita kelak; akan tetapi kita tahu, bahwa apabila Kristus menyatakan diri-Nya, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya.” (I Yohanes 3:2).

Dalam hal ini Roh Kudus menjadi jaminan bahwa janji tersebut segera digenapi.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Diskusikan dalam komunitas saudara bagaimana saudara beroleh keyakinan akan janji Tuhan yang dikerjakan oleh pribadi Roh Kudus!