Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : ROMA 5:3-6

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Roma 5:5.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah yang Roh Kudus telah curahkan ke dalam hati setiap orang percaya?
  2. Apakah akibat dari kasih Allah yang dicurahkan atas kehidupan kita?
  3. Jika demikian bagaimanakah sikap kita dalam menghadapi setiap kesengsaraan atau penderitaan?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Di dalam setiap orang percaya Allah telah mencurahkan kasih-Nya kepada kita melalui Roh Kudus yang Ia telah karuniakan kepada kita.

Roh Kudus yang Allah karuniakan kepada kita akan menerjemahkan keberadaan Allah yang sesungguhnya.

Termasuk di dalamnya adalah kebaikan Allah, kemurahan-Nya, kesetiaan-Nya, belas kasihan-Nya, kuasa-Nya, kekuatan-Nya, sebab Roh Kudus adalah Allah Tritunggal.

Dalam hal kasih-Nya maka Roh Kudus akan membawa kita keluar dari setiap ketakutan-ketakutan yang kita alami, baik ketakutan akan kegagalan, ketakutan akan penolakan, ketakutan akan masa depan, ketakutan akan kesepian bahkan ketakutan akan kematian.

Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih.” (I Yohanes 4:18).

Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.” (II Timotius 1:7).

Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: “ya Abba, ya Bapa!” (Roma 8:15).

Dengan pemahaman yang benar bahwa Roh Kudus telah mencurahkan kasih Allah kepada kita sehingga kita tidak perlu takut, maka dalam kesengsaraan dan penderitaan yang kita alami karena mengikuti Yesus akan membawa kita dalam ketekunan bahkan tahan uji sehingga membuahkan pengharapan, dan karena kasih Allah juga maka pengharapan kita kepada-Nya tidak mengecewakan.

Biarlah kita mengalami kelimpahan kasih Allah karena Roh Kudus yang telah diberikan kepada kita.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana saudara menghadapi setiap pergumulan hidup karena kasih Allah yang dinyatakan oleh Roh Kudus dalam kehidupan saudara!