Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Leonardo Mangunsong

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : KISAH PARA RASUL 13:1-3

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya dan secara khusus hafalkanlah Kisah Para Rasul 13:2.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apakah yang dilakukan oleh nabi dan pengajar yang berada dalam jemaat di Antiokhia, ketika mereka berkumpul bersama-sama?
  2. Apakah yang Roh Kudus lakukan bagi mereka?
  3. Berdasarkan apakah Barnabas dan Saulus diutus oleh para nabi dan pengajar di Antiokhia?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Roh Kudus yang diutus oleh Bapa adalah Roh Kebenaran yang dapat memimpin kita ke dalam seluruh kebenaran, jalan-jalan yang benar seperti yang Bapa inginkan dalam kehidupan kita.

Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.” (Yohanes 16:13).

Itulah sebabnya kita dapat mengalami tuntunan dan arahan dari Roh Kudus untuk meresponi setiap keadaan yang kita alami sesuai hati Tuhan, juga dapat mengambil keputusan sesuai dengan hikmat Tuhan, sehingga kita tidak perlu mengalami kegagalan tetapi selalu berkemenangan serta hidup secara akurat.

Hal tersebut dialami oleh Rasul Paulus ketika mereka melakukan perjalanan misi di mana Roh Kudus mencegah mereka untuk memberitakan Injil ke Asia karena sebenarnya Roh Kudus ingin agar mereka memberitakan Injil ke Makedonia dan Paulus taat dengan tuntunan Roh Kudus sehingga mereka berhasil melayani orang-orang Makedonia.

Dan setibanya di Misia mereka mencoba masuk ke daerah Bitinia, tetapi Roh Yesus tidak mengizinkan mereka. Setelah melintasi Misia, mereka sampai di Troas. Pada malam harinya tampaklah oleh Paulus suatu penglihatan: ada seorang Makedonia berdiri di situ dan berseru kepadanya, katanya: “Menyeberanglah ke mari dan tolonglah kami!” Setelah Paulus melihat penglihatan itu, segeralah kami mencari kesempatan untuk berangkat ke Makedonia, karena dari penglihatan itu kami menarik kesimpulan, bahwa Allah telah memanggil kami untuk memberitakan Injil kepada orang-orang di sana.” (Kisah Para Rasul 16:7-10).

Dan Tuhan ingin agar kita senantiasa mengalami tuntunan Roh Kudus dengan cara mendengar suara-Nya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Diskusikanlah dalam komunitas saudara bagaimana saudara dituntun oleh Roh Kudus untuk mengambil keputusan!