Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : YOHANES  8:31-36

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Siapa yang benar-benar disebut murid Kristus?
  2. Setiap murid akan mengerti apa?
  3. Setiap orang yang berbuat dosa adalah hamba, hamba siapakah mereka?
  4. Siapa yang akan membuat semua murid Yesus mengalami kemerdekaan?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, Yesus pernah berkata kepada murid-murid-Nya mereka yang percaya kepada-Nya dan yang mengikuti Dia ke mana Dia mengajar atau berkhotbah.

Dia berkata bahwa orang yang percaya dan tetap tinggal di dalam Firman Yesus, mereka adalah murid-murid Yesus, dan jika ada orang yang percaya tetapi tidak tetap hidup sesuai firman Yesus mereka ini bukanlah murid Yesus.

Ada banyak orang percaya namun mereka bukanlah murid-murid Yesus karena sebenarnya mereka tidak sepenuhnya percaya kepada Yesus.

Mereka tahu Yesus tetapi mereka tidak mau mengikut Yesus secara penuh atau tidak mau percaya dengan sepenuh hati mereka.

Para murid Yesus yang sejati mereka tahu Yesus atau kenal Yesus, mereka percaya kepada Yesus dan mereka sepenuhnya menyerahkan hidup mereka untuk dipimpin oleh Roh Kristus, maka seluruh kehidupannya diserahkan kepada Yesus dan mereka menaati firman Tuhan, sehingga hidup mereka menjadi hidup yang dituntun oleh Roh Kudus, murid-murid yang senantiasa menuruti firman Tuhan, maka kehidupan mereka menjadi kehidupan yang benar, karena Roh Kristus mengajarkan kebenaran dan setiap kebenaran yang dilakukan atau dikerjakan membuat sang murid itu benar-benar merdeka dan merasakan kebebasan dalam roh mereka sehingga mereka hidup dalam sukacita oleh karena Roh Kudus membimbing mereka hidup dalam kebenaran, dan hidup seperti itu selalu mendatangkan sukacita kepada sang murid.

Saudara, Roh Kudus adalah Guru yang selalu ingin mengajari murid-murid Yesus segala sesuatu yang diperlukan, Tuhan mau memerlengkapi murid-murid untuk mampu hidup benar dan Roh Kudus selalu ingin mengingatkan murid-murid Yesus akan firman yang pernah diajarkan sehingga murid itu dapat melakukan kebenaran firman, sehingga lambat laun kehidupan murid itu diubahkan oleh Roh Kudus yang dikaruniakan oleh Allah itu.

YEHEZKIEL 36:25-27 : ”Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu; dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu Aku akan mentahirkan kamu. Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-Ku dan melakukannya.”  

Saudara, Yehezkiel menuliskan bagaimana Tuhan sendiri yang akan melakukannya di dalam batin kita melalui pekerjaan Roh-Nya.

Roh Allah yang akan melakukan pekerjaan-Nya sehingga terjadi perubahan di dalam kita karena kerelaan kita untuk tunduk mengikuti arahan-Nya atau karena Dia mau memimpin kita dan kita rela mengikuti pimpinan-Nya.

Roh Allah yang akan melakukan sesuatu sehingga kita bisa menaati Dia dalam semua kehendak-Nya.

HALELUYA, PUJI TUHAN, AMIN.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Apa penyebab utama umat Tuhan mengalami keterikatan terhadap sesuatu?