Renungan Harian Kita
Penulis : Pnt. Robinson Saragih

This image has an empty alt attribute; its file name is D1.png

Pembacaan Alkitab Hari ini : KISAH PARA RASUL 2:37-40

Bacalah Firman Tuhan di atas dan ulangi beberapa kali sampai saudara dapat memahami dan menangkap arti yang dikandungnya.

This image has an empty alt attribute; its file name is D2.png
  1. Apa yang membuat orang-orang yang mendengar khotbah Petrus sangat terharu?
  2. Apa yang mereka tanyakan kepada Petrus?
  3. Apa yang menyebabkan orang berdosa beroleh pengampunan?
  4. Apa yang menyebabkan seseorang dikaruniakan Roh Kudus?
This image has an empty alt attribute; its file name is D3.png

Saudara, ketika pencurahan Roh Kudus di Yerusalem pertama kali, maka orang-orang Yahudi menuduh murid-murid Yesus mabuk air anggur manis.

Petrus mendengar perkataan orang-orang Yahudi  yang menyindir mereka itu, dia berdiri dan menjelaskan apa yang sedang terjadi.

Petrus mengutip perkataan nabi Yoel, dan dia menjelaskan kepada orang-orang Yahudi yang mendengarkan Petrus.

Pada saat itu di Yerusalem sedang berkumpul banyak orang Yahudi yang datang dari berbagai negeri.

Orang-orang Yahudi yang ada itu adalah orang-orang Yahudi yang saleh dan yang takut akan Allah yang datang dari berbagai negeri karena hendak merayakan PENTAKOSTA ISRAEL.

Ketika Petrus mengajarkan firman Allah dan menjelaskan siapa Yesus yang TELAH DIBUNUH DENGAN MENYALIBKANNYA KETIKA PERINGATAN PASKAH SEBELUMNYA.

Dan dalam Kuasa Allah TELAH DIBANGKITKAN DARI KEMATIANNYA. Ketika orang-orang Yahudi berkumpul di Yerusalem untuk merayakan peringatan PENTAKOSTA.

Mereka mendengar suara angin yang begitu jelas seperti badai yang kemudian turunnya LIDAH-LIDAH API di atas murid-murid Yesus yang sedang menantikan janji Allah di atas loteng rumah dekat Bait Allah.

Murid-murid itu berbahasa Roh dan Bahasa itu dimengerti oleh orang-orang Yahudi yang sedang merayakan PENTAKOSTA itu.

Orang-orang Yahudi itu terheran-heran karena murid-murid itu mengatakan sesuatu yang bisa dimengerti oleh orang-orang Yahudi yang berasal dari enam belas bangsa di sekitar Israel, di mana orang-orang Yahudi itu sudah tinggal selama ini.

Ketika orang-orang Yahudi mendengar bahwa YESUS yang TELAH DISALIBKAN ITU, MATI dan kemudian dibangkitkan dan TUHAN ALLAH telah mengangkat DIA MENJADI TUHAN bagi kemuliaan BAPANYA.

Orang-orang Yahudi itu banyak yang PERCAYA dan mereka dengan terharu bertanya  : APA YANG HARUS KAMI PERBUAT?

PETRUS menjawab mereka :

KISAH PARA RASUL 2:38 : “Jawab Petrus kepada mereka : ”Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu di baptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu dan, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.”

Ketika seseorang bertobat dan percaya kepada Yesus, maka ketika dia memberi dirinya dibaptis untuk penyucian dirinya dari dosa-dosanya maka TUHAN ALLAH MENGARUNIAKAN ROH KUDUS untuk tinggal di dalam dia.

Roh Kudus itu akan membuat dia untuk mengalami KELAHIRAN KEMBALI.

Dagingnya mati, namun IMAN ANAK ALLAH atau IMAN KRISTUS akan memimpin orang percaya itu untuk mengalami KEHIDUPAN BARUNYA, yang lama sudah berlalu dan yang baru sudah datang.

TERJADI PERUBAHAN HIDUP YANG NYATA.

Itulah Buah Roh sebagai bukti karunia Roh Kudus di dalam orang percaya itu.

HALELUYA, PUJI TUHAN.

AMIN.

This image has an empty alt attribute; its file name is D4.png

Apa syarat seseorang manerima karunia Roh Kudus?